Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unand Buka Jalur Mandiri 2023 Mulai 15 Juni, Kuota sampai 2.386 Orang

Kompas.com - 10/06/2023, 07:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Jalur Seleksi Mandiri (SIMA) Universitas Andalas (Unand) akan dibuka pada 15 Juni 2023, dengan kuota tersedia sebanyak 2.386 untuk penerimaan mahasiswa baru.

SIMA tahun 2023 di antaranya SIMA Akademik nilai UTBK sebanyak 770 orang, SIMA Akademik ujian tertulis sebanyak 1.154 orang, SIMA Prestasi, Kerja Sama, Disabilitas 428 orang dan SIMA Kelas Internasional 40 orang.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

"Tahun ini kami menyediakan daya tampung sebesar 42 persen penerimaan mahasiswa baru jalur SIMA," ujar Wakil Rektor I Unand Prof. Mansyurdin dalam keterangannya, diberitakan pada Sabtu (10/6/2023).

Prof. Mansyur mengungkapkan, Unand menerima 7.350 orang melalui tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan SIMA.

"Kuota ini juga akan bertambah setelah ditambahkan Program Studi (Prodi) Sarjana Arsitektur Fakultas Teknik dan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)," ucap dia.

Dia mengaku, untuk Ekonomi Islam sudah disetujui Senat Akademik Universitas (SAU) dan sudah dikirim untuk memenuhi standar akreditasi, menjelang tanggal 20 Juni 2023 akan keluar akreditasi minimunnya.

Lanjut dia menyampaikan tahun ini ada jalur baru, yakni SIMA Kelas Internasional.

"SIMA kelas internasional ini diisi oleh mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI), tapi belajarnya juga ada ke luar negeri dengan perguruan tinggi yang sudah menjalin kerja sama dengan Unand," tutur dia.

Prof. Mansyur mengungkapkan, pengalaman belajar mahasiswa di perguruan tinggi luar negeri dapat ditempuh melalui program pengumpulan kredit paling sedikit 2 atau program gelar ganda reguler.

Baca juga: Kemendikbud: Ini Sebaran Wilayah 23 Kampus yang Ditutup

"Transportasi keberangkatan dan kepulangan serta biaya hidup dapat ditanggung oleh Unand jika beban belajar yang dilaksanakan di perguruan tinggi luar negeri minimal 20 SKS per semester," ungkap Guru Besar FMIPA ini.

Dia menambahkan, untuk saat ini baru tiga prodi yang menyelenggarakan SIMA Kelas Internasional ya,kni Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Keuntungan bagi mahasiswa yang masuk kelas internasional adalah mereka memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk bekerja dan mengembangkan dirinya di luar negeri.

"PTN-BH yang sudah mapan seperti UI, UGM, ITB dan lainnya sudah lama membuka kelas internasional ini," jelas dia.

Baca juga: 23 PTS Ditutup, Kemendikbud Ingatkan Jangan Salah Pilih Kampus

Untuk informasi lebih lengkap terkait penerimaan mahasiswa baru Unand dapat mengunjungi laman pmb.unand.ac.id atau juga dengan mengakses akun media sosial IG, Facebook, dan Twitter @unandofficial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com