Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2023, 19:05 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, mengajak putra-putri terbaik Indonesia untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2023.

Mereka yang diperbolehkan ikut khususnya bagi lulusan Sarjana maupun Diploma IV, baik dari kependidikan maupun non-kependidikan.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, akibat Jual Beli Ijazah dan Gunakan Dana KIP Kuliah

"Melalui transformasi program PPG Prajabatan ini, kita ingin menekankan pengalaman praktek bagi calon guru sebagai simulasi yang menggambarkan dunia pendidikan yang sesungguhnya dan yang tak kalah penting program PPG merupakan upaya menjaring calon guru potensial yang sesuai kebutuhan dan benar-benar memiliki kompetensi untuk direkrut sebagai guru," kata dia dalam keterangannya, Kamis (1/6/2023).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Prof. Nunuk Suryani mengatakan, PPG Prajabatan bertujuan untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru profesional, berkomitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat.

Dirjen Nunuk juga menjelaskan bahwa para peserta akan memperoleh sertifikat pendidik dan mendapatkan kompetensi pedagogik, sosial, profesional dan kepribadian untuk memulai karier sebagai guru profesional yang diakui.

"Mari kita penuhi panggilan hati dan kita kuatkan tekad untuk membuat perubahan besar di negeri ini melalui jalan pendidikan," jelas dia.

Direktur Pendidikan Profesi Guru (PPG), Temu Ismail mengatakan, Program PPG Prajabatan dirancang dengan arah model baru.

Di mana terdapat perbedaan antara pelaksanaan PPG Prajabatan sebelumnya dengan saat ini.

Perbedaan tersebut mulai dari mulai perencanaan, seleksi, pembelajaran, relevansi praktik lapangan, induksi, sampai kelulusan.

Baca juga: Kisah Martono, Raih Gelar Doktor dengan IPK 4,00 di UNY

"Tahun ini kita membuka kuota sebesar 59.019 yang terdiri dari 12 bidang studi umum, 3 bidang studi Muatan Lokal dan 15 bidang studi vokasi," ungkap dia.

Guru SMP PGRI 2 Denpasar, Ayu Sri Wahyuni mengatakan, menjadi guru bukan sekadar pekerja, tapi juga inspirasi bagi murid untuk menghadapi perkembangan zamannya.

Guru SMA 1 Ambon, Sinya Elly turut mengajak rekan-rekan pendidik untuk bersemangat membangun dunia pendidikan dengan mengikuti PPG.

"Mari kita bersama-sama membangun bangsa kita dalam dunia pendidikan," tutur dia.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UGM Jalur Mandiri 2023

Pembukaan pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2023 dibuka sejak 31 Mei sampai 25 Juni 2023.

Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui laman pendaftaran https://ppg.kemdikbud.go.id/prajabatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com