Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran 2024, Perpusnas: Fokus Pengembangan Literasi dan Inovasi

Kompas.com - 01/06/2023, 13:12 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Komisi X DPR RI mendukung Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) untuk mendapatkan anggaran yang lebih di 2024.

Hal tersebut berkaca pada nilai kinerja anggaran Perpusnas yang mencapai 94,42 pada tahun 2022 dengan kategori sangat baik.

Baca juga: Catat Daftar 23 Larangan yang Wajib Dipatuhi Penerima KJP Plus

Hal tersebut terungkap pada Rapat Dengar Pendapat yang digelar Perpusnas bersama Komisi X DPR RI dalam agenda pembahasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) di Senayan, Rabu (31/05/2023).

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Abdul Fikri Faqih menjelaskan saat ini pagu indikatif Belanja Perpustakaan Nasional untuk tahun anggaran 2024 adalah sebesar Rp 721,19 miliar.

Angka tersebut meningkat Rp 45,29 miliar dari tahun 2023 yang hanya RP 675,9 miliar.

"Perpusnas dinilai mampu menjalankan apa yang menjadi harapan Komisi X DPR RI meskipun anggarannya sangat kecil dan terbatas," ucap dia dalam keterangannya, Kamis (1/6/2023).

Fikri menyebut, Perpusnas telah mengajukan usulan tambahan pada RAPBN TA 2024 untuk penguatan literasi dan kualitas layanan internal sebesar Rp 383,16 miliar dan diminta untuk melengkapi kajian terhadap penetapan program dan sasaran kegiatannya.

"Perlu dilengkapi data anggaran beserta kajiannya kualitatif dan kuantitatif terhadap penetapan sasaran. Jadi bisa terlihat jelas dalam RKP mana saja kegiatan yang membutuhkan dukungan anggaran," ucap dia.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengungkap, tidak hanya dari sisi nilai kinerja anggaran, penyaluran dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun 2022 Perpusnas juga menempati posisi kedua dengan nilai 94,93 persen dibandingkan dengan bidang/sub bidang yang lain.

Menurut dia, meskipun anggaran yang diberikan sebelumnya terbatas, Perpusnas telah lebih dulu menjalankan banyak program yang sejalan dengan tema RKP tahun 2024 yaitu mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Baca juga: Kisah Martono, Raih Gelar Doktor dengan IPK 4,00 di UNY

"Dalam RKP 2024, Perpusnas akan berfokus pada pengembangan budaya literasi, kreativitas, dan inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan," jelas dia.

Lanjut Kepala Perpusnas menjelaskan hal tersebut akan dicapai melalui berbagai cara.

Di antaranya peningkatan kualitas layanan perpustakaan yang berbasis inklusi sosial, penguatan konten literasi yang mendukung produktivitas masyarakat, hingga mengembangkan pusat naskah Nusantara sebagai upaya pengembangan dan pemanfaatan khazanah budaya bangsa.

Dalam upaya pelestarian naskah Nusantara, Syarif Bando mengungkap Perpusnas telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak.

Salah satunya, yaitu hasil kerja sama Perpusnas dengan Universitas Leiden Belanda dan berbagai pihak yang berhasil mendapatkan penetapan Naskah Hikayat Aceh sebagai Memory of the World (MoW) oleh UNESCO pada 18 Mei 2023.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UGM Jalur Mandiri 2023

Perpusnas juga telah menandatangani MoU dengan British Library dalam hal dokumentasi dan penelitian tentang warisan budaya bangsa Indonesia dalam koleksi-koleksi yang dimiliki serta praktik baik pengelolaan manuskrip sebagai warisan budaya dan sejarah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com