Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Internasionalisasi Pembelajaran, UK Petra Kolaborasi dengan James Cook University, Singapore

Kompas.com - 19/04/2023, 19:02 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Rektor Universitas Kristen Petra (UK Petra atau UKP) Juliana Anggono mengatakan, pihaknya sedang gencar melakukan internasionalisasi proses pembelajaran di UK Petra.

“Jadi ini terkait visi baru yang kami punya. Kami sangat mendorong para mahasiswa untuk punya pengalaman belajar ke luar negeri sebagai bekal kesiapan mereka untuk meraih peluang kerja yang tersedia pada masa depan,” ujarnya dalam sesi wawancara melalui Zoom Meeting bersama Kompas.com, Kamis (16/3/2023).

Senada dengan Juliana, Dekan James Cook University, Singapore, Professor May Tan Mullins mengaku sangat senang dapat bermitra dengan UK Petra dan mendukung strategi internasionalisasi kampus di Surabaya itu.

Dekan James Cook University, Singapore, Professor May Tan Mullins.DOK. Humas James Cook University, Singapore Dekan James Cook University, Singapore, Professor May Tan Mullins.

“Di James Cook University, Singapore, kami percaya memiliki pandangan global sangat penting untuk meningkatkan peluang kerja dari lulusan kami, dan kami senang UK Petra memiliki nilai yang sama,” ucapnya.

Baca juga: Lulusan Universitas Kristen Petra Ini Bantu Banyak Ibu lewat Donasi ASI

Adapun visi UK Petra yang dimaksud Juliana sendiri, yaitu menjadi universitas kristen terkemuka di dunia yang mentransformasi masyarakat untuk kemuliaan Tuhan.

Untuk mewujudkan visi tersebut, ia mengungkapkan, pihaknya siap menjalin kerja sama dengan James Cook University, Singapore.

Menurut Juliana, James Cook University, Singapore memiliki kriteria perguruan tinggi dengan peringkat, riset, dan kualitas pembelajaran terbaik.

“Melalui kriteria tersebut, saya yakin James Cook University, Singapore mampu mendorong kualitas pembelajaran UK Petra untuk meningkatkan peringkat pada masa depan,” imbuhnya.

Juliana mengungkapkan, kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) yang direncanakan dengan James Cook University, Singapore mencakup beberapa hal terkait Tri Dharma.

Baca juga: Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Mahasiswa Wajib Tahu

Tri Dharma merupakan tiga pilar dasar pola pikir dan menjadi kewajiban bagi mahasiswa maupun civitas akademika di perguruan tinggi.

“Seperti diketahui, perguruan tinggi di Indonesia memiliki kewajiban dalam menjalankan Tri Dharma, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Juliana.

Dari sisi pendidikan, ia menjelaskan, mahasiswa bisa memiliki pengalaman belajar ke luar negeri jangka pendek atau satu semester.

Pada tahun pertama, kata Juliana, mahasiswa sudah harus bisa ke luar negeri. Kemudian, pada tahun kedua, mahasiswa berkesempatan untuk belajar selama dua minggu atau mengikuti joint degree di James Cook University, Singapore.

“Kemudian dari sisi riset, UK Petra mendorong dosen atau profesor untuk mengikuti joint research dengan dosen atau profesor dari James Cook University, Singapore. Penelitian ini akan menghasilkan publikasi bersama,” jelasnya.

Baca juga: Menembus Universitas Kelas Dunia Melalui Publikasi Ilmiah Bereputasi

Hasil publikasi tersebut, kata Juliana, dapat menjadi bahan kerja sama untuk mengembangkan beberapa program UK Petra.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com