Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek NISN, NPSN, NIK buat Daftar KIP Kuliah 2023

Kompas.com - 13/02/2023, 19:05 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 segera dibuka. Calon mahasiswa, diminta mempersiapkan 3 data valid yang wajib dilampirkan.

Karena adanya perubahan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, hingga kini jadwal KIP Kuliah 2023 belum diumumkan.

Namun, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Puslapdik Kemendikbud Ristek) memastikan pendaftaran KIP Kuliah 2023 dibuka sebentar lagi.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah 2023, Harus Punya 3 Data Valid Ini

Hal ini tertulis dalam Instagram Puslapdik yakni @puslapdik_dikbud pada Minggu (12/3/2023).

"Pendaftaran Kip kuliah tahun 2023 akan segera di pendaftaran Kip kuliah tahun 2023 akan segera dibuka! Ayo persiapkan diri kamu!" tulisnya.

Ketiga data ini, adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Ketiga data valid KIP Kuliah 2023 harus dimiliki siswa, agar bisa mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses. 

KIP Kuliah 2023 bisa digunakan untuk pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Karena itu, persiapkan lebih dini agar tidak tergesa-gesa saat pendaftaran dibuka. 

Baca juga: 19 Prodi Baru Unair di SNBP 2023, Daya Tampung 420 Kursi

Bagi calon mahasiswa baru yang akan mendaftar KIP Kuliah 2023, maka harus mengetahui terlebih dahulu cara mengecek nomor NISN dan NPSN terlebih dahulu. Berikut caranya:

Cara cek NISN

NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN bisa digunakan untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, Program Indonesia Pintar (PIP), SNBP, dan KIP Kuliah.

Untuk mengetahui nomor induk siswa nasional atau NISN, bisa dicek melalui laman resmi NISN Data Kemendikbud. Selengkapnya cara untuk cek nomor NISN siswa yakni sebagai berikut:

1. Buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/lalu akan muncul form pencarian nama masukkan “Nama”, “Tempat Lahir”, “Tanggal Lahir”, “Nama Ibu”.

2. Setelah diisi, centang pada kotak verifikasi “I’m not a robot”.

3. Selanjutnya klik “Cari Data” untuk mencari informasi terkait nomor induk siswa nasional atau NISN.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com