Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BP3IP Jakarta Terus Kerek SDM Bidang Pelayaran

Kompas.com - 21/12/2022, 19:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Balai Besar Pendidikan, Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta memberikan penghargaan "BP3IP Award For Loyal Customer 2022" kepada para mitra kerjanya yang telah mendukung terlaksananya kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi peserta didiknya selama ini.

Direktur BP3IP Jakarta, Ahmad mengatakan, seiring ingin menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan pelayaran yang mampu memenuhi kebutuhan nasional dan internasional, BP3IP Jakarta terus berupaya dan berkontribusi dalam program peningkatan sumber daya manusia di bidang pelayaran.

Baca juga: Ini Jadwal Lengkap Libur Sekolah bagi Siswa di Provinsi Jawa Barat

Dalam memberikan layanan pendidikan dan pelatihan bidang pelayaran, BP3IP Jakarta mengimplementasikan ISO 9001: 2015 serta pelatihan berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya kepada seluruh stakeholder dan mitra yang telah mengambil bagian sehingga BP3IP Jakarta dapat melahirkan lulusan terbaik di bidang pelayaran dan kami berharap ke depannya kita dapat mempererat tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini," ucap Ahmad dalam keterangannya, Rabu (21/12/2022).

Saat ini, BP3IP telah memiliki kurang lebih 72 jenis pendidikan dan pelatihan (diklat) pelayaran.

Adapun beberapa diklat terbaru pada tahun ini seperti Inaportnet type A dan Type B (Tersus/TUKS/BUP), Manajemen Kepala Regu Kerja Operator TKBM, PDKN III untuk Perwira Kapal Negata, serta Welding.

Selain itu, BP3IP juga berupaya dalam mengembangkan skema-skema pada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BP3IPl berbasis SKKNI.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM yang up to date terhadap perkembangan zaman dan industri 4.0, BP3IP Jakarta juga mengupayakan pengembangan sarana dan prasarana secara berkelanjutan.

Terdapat 42 laboratorium dan simulator yang siap menunjang kebutuhan dalam pengembangan SDM pelayaran.

Baca juga: Sosiolog Unair: Kenaikan Harga Picu Masyarakat Berhenti Merokok

Adapun penambahan laboratorium dan simulator yang terbaru adalah Port Management Simulator, Container Handling simulator dan Liquid Cargo Handling Simulator pada tahun anggaran 2021 dan 2022.

"Sekali lagi kami mengucapkan penghargaan kepada segenap pimpinan perusahaan mitra kerja BP3IP Jakarta atas realisasi kerja sama ini, mudah-mudahan bisa membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua dan dapat berkembang dengan program-program lain ke depannya," ucap Ahmad.

BP3IP Jakarta lahirkan pelaut dan pelayar tangguh

Ahmad menambahkan, dirinya terus berupaya menunjuk pelaut yang dididik di BP3IP Jakarta adalah pelaut yang ulung dan tangguh.

Pelaut itu bukan lahir dari lautan yang tenang, tapi dari lautan dengan ombak yang besar dan badai.

Baca juga: 20 Jurusan ITB Punya Daya Tampung Terbanyak, Referensi SNPMB 2023

"Dan dirinya juga berpesan agar BP3IP Jakarta dapat terus meningkatkan kualitas pendidikannya serta berkontribusi dalam mencetak SDM transportasi yang memiliki nilai-nilai profesional, etika, standar global, dan integritas," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com