Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2022, 09:48 WIB

KOMPAS.com - Muhammad Salman Farisyi, murid SMP Cikal Lebak Bulus berhasil meresmikan galeri seninya atas nama “M. Salman Gallery”.

Ia juga sukses menggelar pameran tunggal bertajuk Blossoming Ability: A Solo Exhibition by Autism Spectrum Rising Star di Grand Sahid Jaya, Jakarta, awal Desember 2022 lalu.

Salman yang pertama kali dikenal melalui pameran seni lukis Cherry Blossom Welcome The Morning Sun, kini mampu menampilkan 47 karya seni lukis dengan tema, palette warna, dan pesan yang mengagumkan.

Meski pada awalnya, aktivitas melukis dilakukan Salman sebagai terapi untuk mengembangkan minat dan bakat anak berkebutuhan khusus.

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

Anies: Salman adalah salah satu superhuman

Budi Waluyo, Kurator Seni Indonesia, menyampaikan apresiasinya atas karya-karya Salman yang menunjukkan kepekaan Salman terhadap alam dan lingkungan.

“Pohon menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi kehidupan. Kehadiran pepohonan di suatu lingkungan dapat mengurangi stress dan membantu manusia merasa lebih bahagia dan sehat. Sepertinya Salman memiliki kesadaran akan itu maka ia menjadikan pohon atau pepohonan untuk dijadikan objek utama pada karya seni lukisnya,” ucapnya dalam sambutan.

Identitas Salman yang kini semakin dikenal sebagai anak dengan autisme yang berkarya dalam seni lukis Autism Spectrum Rising Star juga mendapatkan pujian dari Anies Baswedan dalam sambutan daringnya.

Anies menyebut bahwa Salman sebagau salah satu superhuman.

Baca juga: Lewat Lukisan, Anak Berkebutuhan Khusus Ini Sabet Juara 1 di London

“Kita semua harus memahami bahwa penyandang autisme adalah superhumans, karena dibalik itu ada kelebihan-kelebihan, mereka adalah manusia pilihan yang memiliki bakat dan kemampuan luar biasa di mana jika mereka memperoleh penerimaan dan dukungan, maka itu akan mengantarkan mereka menciptakan karya-karya yang mempesona,"ucap Anies.

"Saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Blossoming Ability Exhibition untuk
merayakan capaian transformasi dan mendorong para penyandang austime menampilkan karyanya. Kita melihat bagaimana Muhammad Salman Farisyi menunjukkan karya-karya menganggumkan harapannya dapat menginspirasi semua dan memberukan semangat untuk berprestasi. Sekali lagi selamat berkarya, Salman Farisyi, superhuman!” imbuh Anies.

Muhammad Salman Farisyi (Autism Rising Star) Rilis Galeri dan Gelar Pameran Tunggal ?Blossoming Ability?.Dok. Sekolah Cikal Muhammad Salman Farisyi (Autism Rising Star) Rilis Galeri dan Gelar Pameran Tunggal ?Blossoming Ability?.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+