Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2022, 05:37 WIB
|

KOMPAS.com - Melanjutkan S2 di luar negeri tentu jadi impian banyak orang. Salah satu negara yang jadi incaran mahasiswa internasional ialah Perancis.

Menurut Penanggung Jawab Campus France Yogyakarta, Andraine Arkenzi Febreinza, banyak mahasiswa yang memilih Perancis setelah Amerika, Inggris, dan Australia.

"Setelah negara-negara anglofon seperti Amerika, Inggris, dan Australia, Perancis jadi negara utama yang dituju oleh mahasiswa internasional," ujarnya dikutip dari laman Universitas Sebelas Maret (UNS) pada gelar wicara, Jumat (25/9/2022).

Baca juga: Profil Universitas Samudra: Jurusan, Jalur Masuk dan Biaya Kuliah

Ia menjelaskan bahwa Perancis punya banyak peneliti yang mendapatkan penghargaan internasional. Hal itu jadi satu bukti bahwa Perancis itu pendidikannya tidak diragukan lagi.

Beberapa jurusan kuliah tidak ada di Indonesia

Andraine juga menjelaskan alasan lain untuk belajar di Perancis. Selain pendidikan dan penelitian yang berkualitas, lingkungan Perancis juga memadai untuk berinovasi bagi para wiraswasta muda. Lingkungan hidup di Perancis juga diklaim nyaman dan menyenangkan.

Tak hanya itu saja, di Perancis juga ada banyak destinasi wisata menarik bagi mahasiswa internasional. Gaya hidup ala Perancis juga menarik untuk diikuti. Selain itu, ada banyak industri maju dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di Perancis.

"Beberapa jurusan di Perancis juga tidak ada atau belum ada di Indonesia. Jadi ini salah satu keunikan kuliah di Perancis," tambah Andreine.

Selain itu, Pemerintah Perancis juga sangat membuka diri untuk mahasiswa internasional. Sistem pendidikan terkait lama studi hampir sama di Indonesia.

Jenjang sarjana (License) memiliki durasi tiga tahun, jenjang master (S2) berdurasi dua tahun, sedangkan doktor (Doctorat) berdurasi tiga tahun.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Terkait biaya studi, Pemerintah Prancis menyubsidi 2/3 biaya pendidikan di universitas negeri per tahun untuk mahasiswa asing.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber UNS
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+