Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Pre-University UI Buka Kesempatan Siswa Rasakan Kuliah di UI

Kompas.com - 08/10/2022, 12:26 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) memiliki program Pre-University (Pre-U) yang bisa didaftar siswa dan siswi SMA/SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Dalam program ini, peserta dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus secara online.

Salah satu fakultas di UI yang memiliki program ini adalah Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

Dekan FIA UI, Prof. Chandra Wijaya menjelaskan, jika program Pre-University FIA UI yang merupakan wujud dari aktualisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca juga: Daftar Seleksi PPPK Guru 2022 Lewat Link sscasn.bkn.go.id, Cek Caranya

Program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Republik Indonesia tersebut adalah untuk mendorong masyarakat umum agar dapat memperoleh pendidikan yang inklusif dan merata di seluruh universitas di Indonesia.

"Selain itu, program Pre-University FIA UI juga merupakan perwujudan dari Sustainable Development Goals (SDGs) keempat, yaitu memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua," ujar Prof. Chandra, dilansir dari laman UI.

Selain mendapatkan kesempatan belajar, peserta juga akan memperoleh ”tabungan” Satuan Kredit Semester (SKS) yang dapat ditransfer saat melanjutkan studi program sarjana di FIA jika mata kuliah yang diambil mendapatkan nilai minimal B.

"Sebagai fakultas posisi lima besar ASEAN pada Survei QS World University Ranking by Subject 2022 dalam bidang Social Policy and Administration serta peringkat 51-100 di dunia, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA UI) selalu berkomitmen untuk menjadi fakultas yang terus memberikan pembelajaran inklusifl bagi setiap individu yang ingin menimba ilmu di FIA," katanya.

Dia menambahkan, Pre-U FIA ini merupakan sebuah program unggul, karena didukung oleh sumber daya manusia (SDM) dosen yang mumpuni, fasilitas yang juga berkualitas, dan tentunya kurikulum pembelajaran yang benar-benar sudah dipersiapkan dengan baik.

Baca juga: 2 Program Beasiswa ke Cambridge, Mulai Jenjang S1, S2 dan S3

Antusiasme program ini, juga ditunjukkan dengan kunjungan 70 siswa dan 10 pendamping dari SMA Yasporbi, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Kepala Sekolah SMA Yasporbi, Robi Kurniawan mengungkapkan, ketertarikan mereka pada program pre-university tersebut.

"Kami berterima kasih dengan segala sambutan yang luar biasa dari FIA UI. Sembilan puluh persen dari siswa kami ingin masuk ke UI, termasuk FIA UI," kata Robi.

Pada kesempatan kunjungan itu diadakan juga talkshow bersama tiga mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Adminsitrasi Niaga, dan Ilmu Administrasi Fiskal.

Ketiga mahasiswa tersebut memberikan pemaparan terkait dengan seputar kehidupan sebagai mahasiswa FIA UI dan tips agar dapat diterima menjadi mahasiswa Universitas Indonesia.

Cara Mendaftar Pre-University UI

1. Pendaftar mengunjungi website CIL untuk melihat informasi terkait pendaftaran Pre- U melalui laman https://cil.ui.ac.id/.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com