Kompas.com - 05/10/2022, 20:09 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menunjuk Prof. Abu Rokhmad sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.

Penunjukan Prof Abu, panggilan akrabnya, sebagai Plt. Rektor UIN Sumatera Utara seiring diperkuatnya keputusan atas hukuman disiplin (hukdis) kepada Rektor UIN Sumatera Utara sebelumnya, Prof Syahrin Harahap.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Juru Bicara (Jubir) Kementerian Agama (Kemenag) Anna Hasbie mengatakan, hukdis terhadap Prof. Syahrin Harahap berupa Penurunan Jabatan Setingkat Lebih Rendah Selama 12 Bulan oleh Menag sebagai PPK sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2021 tentang Upaya Administratif dan Badan Pertimbangan Aparatur Sipil Negara.

Dengan demikian, hukdis tersebut berlaku efektif.

"Hukuman disiplin untuk Syahrin Harahap berlaku efektif mulai hari ini. Dia sudah bukan lagi guru besar, tapi Lektor Kepala. Sehingga, tidak memenuhi syarat sebagai Rektor UIN Sumut," kata dia dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

Menurut Anna, surat keputusan tentang hukdis itu telah diserahkan kepada yang bersangkutan pada 21 September 2022.

Selanjutnya, Prof. Syahrin Harahap mengajukan keberatan atas hukdis tersebut.

Namun, Menag Yaqut sebagai PPK tetap pada keputusannya sesuai dengan kewenangan dan tata cara sebagaimana diatur ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dia mengatakan, hukdis yang diberikan berupa penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah No 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS.

Hukuman disiplin yang diberikan juga didasarkan pada hasil sidang Dewan Pertimbangan Kepegawaian tingkat I, sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No 14 tahun 2021 tentang Dewan Pertimbangan Kepegawaian.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Minta Pemda Angkat dan Bayar Gaji 293.860 PPPK Guru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.