Kompas.com - 05/10/2022, 18:07 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah meresmikan SDN Ragunan 08 dan 09 Jakarta sebagai sekolah net zero carbon .

Sekolah yang terletak di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel) ini menjadi salah satu sekolah yang dipilih dalam pembangunan ramah lingkungan pertama di Indonesia, karena mengusung konsep Net Zero Healthy Greenship.

Baca juga: Dosen Unair: Ini 4 Ciri Orang Punya Kesehatan Mental yang Baik

Sebagai informasi, bangunan dengan konsep net zero merupakan bangunan yang rendah dan efisien memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan.

Selain itu, dinilai dapat menghasilkan emisi rendah, hemat saat beroperasi, dan sebagian besar energinya dipasok dari sumber energi terbarukan.

Melansir laman Instagram Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, memberitahukan sebelum dibangun SDN Ragunan 08 dan 09 Jakarta, ada 3 sekolah yang berada di lokasi tersebut. Yakni, SDN Ragunan 08 pagi, SDN Ragunan 09 pagi, dan SDN Ragunan 11 petang.

Sekolah tersebut dapat diakses melalui jalan lingkungan yang cukup besar. Di sana juga terdapat pohon-pohon besar yang sengaja dipertahanan meskipun bangunan direnovasi.

Butuh dana Rp 33 miliar bangun SDN Ragunan 08 dan 09

SDN Ragunan 08 dan 09 beralamat di Jalan Pusdiklat PLN, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sekolah itu direnovasi total menjadi sekolah negeri net zero oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Dana yang dibutuhkan sebesar Rp 33 miliar yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Bangunan tersebut dirancang oleh biro arsitek kenamaan Djuhara+Djuhara dan konstruksinya dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Adapun lahan yang digunakan seluas 5.660 meter persegi untuk menampung siswa sebanyak 645 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.