Kompas.com - 05/10/2022, 14:22 WIB


KOMPAS.comBelajar bahasa dan sastra Indonesia belum menjadi salah satu aktivitas yang diminati oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, terutama kaum pelajar.

Pelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebenarnya sudah dipelajari sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), tetapi masih dianggap sulit untuk dimengerti.

Itulah sebabnya, banyak masyarakat Indonesia yang belum mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Menyadari fenomena tersebut, dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad) terdorong untuk melakukan metode permainan “Kartusa” atau “Kartu Sastra.” Hal ini bukanlah metode pengajaran yang konvensional.

Dirilis dari laman resmi Unpad, permainan Kartusa dikenal sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra yang dikembangkan sejak 2019 oleh tiga orang dosen FIB Unpad yakni Dr. Lina Meilinawati Rahayu, Prof. Aquarini Priyatna dan Baban Banita.

Baca juga: 8 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Uang Saku

“Selama ini pelajaran bahasa dan sastra Indonesia tidak begitu diminati. Hal ini menjadikan literasi kita masih rendah. Permainan ini diharapkan akan menarik minat mereka untuk lebih senang membaca,” ujar Lina, salah satu dari tim peneliti.

Kartusa sendiri didesain sebagai media pembelajaran yang efektif dan implementasi dari metode pembelajaran berbasis permainan atau game based learning (GBL).

Lina mengatakan bahwa metode GBL telah berhasil diterapkan di berbagai negara dan berhasil memotivasi peserta didik untuk tertarik mempelajari sesuatu.

Selain itu, kata Lina bahwa metode Kartusa merupakan adaptasi dari permainan “Karuta” dari negara Jepang yang sangat diminati dan berhasil meningkatkan literasi masyarakat di sana.

Baca juga: Radio Kayu hingga Sepeda Bambu, Ini Karya Inovatif Alumnus ITB

Oleh karena itu, metode pembelajaran GBL dan Kartusa menjadi dua rujukan yang menjadi pertimbangan utama oleh tim peneliti untuk mengajarkan bahasa dan sastra lewat metode permainan.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.