Kompas.com - 05/10/2022, 14:27 WIB
|

KOMPAS.com - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka kesempatan penyandang disabilitas untuk turut memanfaatkan beasiswa ini.

Sudah banyak mahasiswa penyandang disabilitas yang lolos dan diterima beasiswa LPDP melalui jalur disabilitas untuk meraih kesuksesan dengan cara mereka.

Contohnya Umar Syaroni, awardee LPDP penyandang tunadaksa ini berhasil membuktikan kualitas dirinya dengan menjadi icon public relation Indonesia pada tahun 2020 silam.

Dengan keterbatasan fisik yang dimiliki Umar Syaroni tetap bersemangat menempuh pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Baca juga: Kisah Dhani, Penyandang Disabilitas Tempuh S2 di Jerman dengan Beasiswa LPDP

Umar jadi Icon Public Relations Indonesia 2020

Dia juga berhasil meruntuhkan berbagai stigma dan dipandang sebelah mata, kini ia adalah pemegang gelar master di bidang media dan komunikasi dari Universitas Airlangga (Unair) melalui Beasiswa Afirmasi–Penyandang Disabilitas.

Melansir dari akun Instagram LPDP, Rabu (5/10/2022), Umar mengaku, memiliki kegemaran di bidang komunikasi. Meski memiliki keterbatasan, dia berhasil mengasah kemampuannya hingga berhasil menjadi salah satu pemenang Icon Public Relations Indonesia 2020.

Dalam perjalanannya menempuh pendidikan, Umar pernah mendapat caci maki dan bullying atas keistimewaan yang dimilikinya. Namun kondisi itu tidak membuatnya patah semangat untuk mewujudkan impiannya.

Berkat semangatnya yang tak pernah padam ini pula, Umar berhasil mewujudkan mimpinya melalui karya dan pendidikan yang ditempuhnya.

Saat dilahirkan ke dunia, Umar memiliki kelainan fisik. Hal itu tentu tidak mudah baik bagi keluarga dan dirinya sendiri. Bahkan dengan kondisi fisik Umar yang tidak normal membuatnya sering mendapat cibiran.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Piawai gunakan bahasa Arab

Bahkan yang paling menyakitkan, pernah ada yang menyarankan orangtua Umar untuk menenggelamkannya saja saat dia masih kecil. Namun kedua orangtuanya tetap membesarkan amanah Tuhan dengan penuh hati tulus dan penuh kasih sayang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.