Kompas.com - 03/10/2022, 16:06 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meminta pemerintah daerah (Pemda) segera mengangkat dan membayarkan gaji 293.860 individu yang lulus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahun 2021.

Hal itu menyusul sejumlah pengaduan dari guru yang sudah lulus PPPK guru, tapi belum juga diangkat secara resmi oleh Pemda. Bahkan gaji mereka belum dibayarkan.

Baca juga: Seleksi PPPK Guru 2022, Pemerintah Anggarkan Dana Rp 14 Triliun

Pelaksana tugas (Plt.) Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud Ristek, Nunuk Suryani menyebut, dari 293.860 orang yang telah dinyatakan lulus seleksi guru PPPK 2021, sebanyak 85 persen telah mendapatkan SK pengangkatan.

Kemudian, ada 12 persen yang telah memiliki nomor induk (NI) PPPK tapi belum memiliki SK pengangkatan.

"Lalu ada 3 persen individu yang belum memiliki NI PPPK guru," kata Nunuk dalam surat edaran resminya yang diunggah dalam akun Instagram @nunuksuryani, dikutip Senin (3/10/2022).

Adanya hal itu, dia meminta 3 poin hal ini bisa direspons cepat oleh pemda.

Pertama, pemda harus segera membayarkan gaji bagi guru-guru yang telah diangkat menjadi PPPK guru.

Kedua, pemda agar segera menyerahkan SK pengangkatan sebagai PPPK guru untuk guru-guru yang telah memiliki NI PPPK guru.

Ketiga, pemda dapat segera mengusul NI PPPK bagi guru-guru yang telah dinyatakan lolos pada tahap pemberkasan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), agar dapat diterbitkan NI PPPK guru.

Baca juga: Punya 400 Anggota Tim Bayangan, Pengamat: Nadiem Tak Percaya ASN Kemendikbud

"Saat proses pengusulan NI PPPK, pemda dapat bersurat yang ditujukan kepada BKN lewat Deputi Bidang Kepegawaian BKN terkait permohonan pembukaan aplikasi My SAPK BKN di daerah," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.