Kompas.com - 03/10/2022, 13:42 WIB
|

KOMPAS.com - Tim PKM dari Universitas Syiah Kuala (USK) membuat inovasi alat detektor derajat keparahan Covid-19. Tentu inovasi ini dalam rangka ikut Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC).

Adapun tim terdiri dari ketua tim, Adinda Zahra Ayufi Ramadhani dari Pendidikan Dokter, dengan anggota Zarfan Fawwaz Muhamad dari Pendidikan Dokter, Al Yafi dari Teknik Komputer, dan Rahmad dari Teknik Elektro.

Menurut Adinda, alat tersebut dapat memberikan panduan Kesehatan secara telemedicine. Dengan target masyarakat awam, alat detektor ini dapat menentukan adanya infeksi Covid-19.

Baca juga: Mahasiswa ITB Inovasi Prototipe Penjernih Air

Kemudian dapat mengkategorikan derajat keparahan berdasarkan citra foto toraks, keluhan klinis serta hasil tanda-tanda vital.

"Sehingga setiap individu dapat mendeteksi infeksi Covid-19 secara mandiri, lalu mendapatkan penanganan yang akurat sesegera mungkin," ujarnya dikutip dari laman USK, Jumat (30/9/2022).

Dikatakan, tim yang telah terbentuk sejak Maret 2022 dan dengan dosen pembimbing Dr. dr. Budi Yanti Sp.P(K) ini awalnya memulai penyusunan PKM dengan mendiskusikan proses perjalanan Covid-19.

Namun kemudian menelaah permasalahan yang berkaitan dengan Covid-19 dengan literatur dan teknologi terbaru agar dapat melakukan pemecahan terhadap permasalahan Covid-19 yang ada.

Beberapa hal yang mendukung pembuatan alat detektor ini kemudian dievaluasi sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian menyusun prototipe sesuai perkembangan ilmu yang didapatkan selama menyusun prototipe.

"Dalam penyusunan prototipe, juga dilakukan pengumpulan dataset foto toraks pasien Covid-19 yang terkonfirmasi dan pernah dirawat di RSUDZA Banda Aceh," jelasnya.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.