Kompas.com - 03/10/2022, 15:00 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Penyakit jantung merupakan penyakit dengan prevalensi yang sangat tinggi di berbagai negara yang ada di dunia.

Diperkirakan, sekitar 1 dari 3 kasus kematian disebabkan karena penyakit yang menyerang organ jantung.

Baca juga: Punya 400 Anggota Tim Bayangan, Pengamat: Nadiem Tak Percaya ASN Kemendikbud

Di Indonesia, menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes RI pada tahun 2018, jumlah penderita penyakit jantung mencapai 4 hingga 5 juta jiwa.

Penyakit jantung dapat diklasifikasi menjadi beberapa macam seperti penyakit jantung koroner, penyakit jantung katup, penyakit jantung akibat kondisi genetis, penyakit jantung yang terkait hipertensi, dan penyakit jantung yang terkait dengan kelistrikan.

Selain itu, penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh penyakit yang berkaitan dengan paru-paru.

"Penyakit jantung bisa terkait dengan paru-paru. Orang yang asma paru-parunya bisa bermasalah. Juga kemudian jantungnya juga bisa bermasalah," kata Staf Pengajar di Fakultas Kedokteran Unair, dr. Rendra Mahardika Putra dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).

Faktor risiko penyakit jantung

Dia menyebut, terdapat dua faktor risiko yang berkontribusi terhadap munculnya penyakit jantung, yakni faktor risiko yang tidak dapat diubah dan faktor risiko yang dapat diubah.

Baca juga: Sosok Alvin, Sarjana Terbaik ITS dengan IPK 3,96

Faktor risiko yang tidak dapat diubah berkaitan dengan genetik dan warisan dari orangtua, sehingga yang dapat dilakukan adalah mencegah penyakit jantung muncul lebih cepat.

Sedangkan faktor risiko yang dapat diubah erat kaitannya dengan gaya hidup.

"Karena ada teknologi, kita semakin lama semakin mudah, ya. Semakin mudah kita membeli makanan-makanan instan ke depan meja dan kita menjadi sudah sangat terbiasa berjalan dan tidak beraktivitas," ucap dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.