Kompas.com - 05/10/2022, 17:19 WIB
|

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Batam (Polibatam) kini miliki Jurusan Manufacture of Electronics atau Pembuatan Chip.

Bahkan pembuatan chip tersebut menjadi satu-satunya di Indonesia guna membuat komponen chip untuk barang-barang elektronik, termasuk mobil listrik.

Menurut Direktur Polibatam, Uuf Bragjawidagda, pihaknya mengaku memiliki Jurusan Manufacture of Electronics dan jadi jurusan satu-satu di Indonesia yang ada hanya di Politeknik Negeri Batam.

Baca juga: USU Inovasi Pengolahan Rempah Jadi Obat Tradisional

Dikatakan, chip tersebut nantinya dapat digunakan untuk semua komponen elektronik, seperti komputer, handphone, mesin cuci, kulkas, termasuk mobil listrik yang kabarnya bisa menggunakan hingga 2.000 chip di dalamnya.

"Indonesia adalah pasar yang besar. Apakah kita akan hanya sebagai pasar saja, atau juga ikut bermain untuk memproduksi chip," ujar Uuf seperti dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Selasa (4/10/2022).

Tentunya, jurusan tersebut karen tidak lepas dari wilayah tersebut yang dikenal sebagai salah satu daerah industri di Indonesia. Maka tak heran, beberapa perusahaan juga telah melakukan kerja sama untuk pembuatan chip.

"Kita bersyukur Batam daerah industri dan beberapa perusahaan sudah memesan chip kepada kami. Maka dari itu, kami telah mempersiapkan sumber daya manusianya," tuturnya.

Ia juga mengatakan, beberapa mahasiswa jurusan tersebut juga telah melakukan magang di luar negeri. "Beberapa mahasiswa kami sudah magang di Hungaria, dan mendapatkan uang saku," imbuhnya.

Sebagai informasi, selain Jurusan Manufacture of Electronics, Polibatam juga memiliki Jurusan Industri Pesawat Terbang yang dilengkapi dengan sarana hanggar dan pesawat.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Printer 3D, Tingkat Keberhasilan Cetak 100 Persen

Serta Jurusan Animasi yang diketahui sudah memproduksi film kartun animasi. Jurusan Robotik juga sering diikutkan pada kontes dan pernah menjuarai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.