Kompas.com - 05/10/2022, 19:40 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemerintah daerah (Pemda) diminta segera melunasi pembayaran gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru yang telat.

Pasalnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mentransfer Dana Alokasi Umum (DAU) yang di dalamnya terdapat alokasi untuk gaji guru hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Maraknya keterlambatan pembayaran gaji guru honorer yang telah lulus seleksi PPPK di sejumlah daerah dinilai akan mempengaruhi kualitas pendidikan Indonesia.

Pemerintah diharapkan melakukan pengawasan lebih intensif agar permasalahan ini tidak terus terjadi.

Pengamat Pendidikan, Ina Liem mengatakan, lambatnya pembayaran gaji guru oleh sejumlah pemerintah daerah merupakan permasalahan akut yang tak kunjung ditemukan solusinya.

Kondisi tersebut dinilai akan menghambat perkembangan kualitas pendidikan nasional.

"Hal ini membuat dunia pendidikan kita sulit maju. Masalahnya pada moralitas oknum di dalamnya selama proses eksekusi," ucap Ina dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

Belum lama ini, belasan guru honorer asal Kota Bandar Lampung yang telah lulus seleksi PPPG guru pada Oktober dan Desember 2021 urung menerima SK sampai saat ini.

Alhasil, mereka tidak menerima gaji sejak lulus PPPK.

Terbaru, ratusan PPPK guru di Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam, akan melakukan mogok mengajar massal lantaran pemerintah kabupaten setempat belum membayar gaji mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.