Kompas.com - 05/10/2022, 17:27 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Informasi terkait kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora menjadi heboh belakangan ini.

Karena, informasi itu menjadi salah satu dari belasan ribu kasus KDRT yang tercatat di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Baca juga: Dosen Unair: Ini 4 Ciri Orang Punya Kesehatan Mental yang Baik

Hingga akhirnya, kasus itu banyak dikecam oleh kalangan publik.

Selain melanggar hukum, perilaku KDRT memiliki dampak yang sangat fatal bagi korban, baik secara fisik maupun secara mental.

Dosen Keperawatan Jiwa UM Surabaya, Uswatun Hasanah menjelaskan, dampak fisik dari KDRT dapat diobati dengan melakukan pengobatan ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Namun, dampak psikis (trauma) menjadi dampak menetap yang kapan saja bisa kambuh jika berada dalam situasi serupa, sehingga memicu munculnya ingatan dan pengalaman tidak menyenangkan saat mengalami KDRT.

Uswatun menjelaskan, trauma merupakan kondisi yang sulit untuk disembuhkan, butuh waktu yang lama bahkan bertahun-tahun agar korban KDRT dapat betul-betul terlepas dari rasa traumanya.

"Oleh sebab itu perlu segera dilakukan penanganan maupun pendampingan psikologis bagi korban KDRT agar tidak mengalami stress pasca trauma," ujar Uswatun dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

9 cara pulihkan mental korban KDRT

Uswatun menyebut ada 9 cara yang dapat dilakukan untuk mendampingi proses pemulihan mental korban yang baru mengalami KDRT.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Minta Pemda Angkat dan Bayar Gaji 293.860 PPPK Guru

Pertama, mengamankan diri korban KDRT ke tempat aman, termasuk dalam hal menjauhkan diri dari pelaku, sehingga perilaku KDRT tidak berlanjut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.