Kompas.com - 05/10/2022, 07:50 WIB
|

KOMPAS.com - Hari Guru Sedunia diperingati tiap tanggal 5 Oktober. Seperti diketahui bersama guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru punya peran besar dalam mencerdaskan generasi muda penerus bangsa. Berbagai upaya dari pemerintah sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru.

Guru yang memiliki kompetensi lebih diharapkan bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Jika siswa senang belajar dengan guru tentu materi yang disampaikan juga akan lebih mudah ditangkap.

Namun menjadi guru favorit bagi para siswa juga tidak gampang. Karena guru juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Baca juga: Beasiswa D3-S2 Pemkot Bontang Dibuka, Cek Syarat dan Jadwalnya

Tips menjadi guru favorit bagi siswa

Melansir dari laman sekolah Al Haraki, Jawa Barat, Selasa (4/10/2022), menjadi seorang guru yang menyenangkan atau favorit bagi muridnya tentu akan membuat kegiatan belajar mengajar akan lebih menyenangkan. Berikut beberapa tips-tips menjadi guru favorit:

1. Dekat dengan anak didik

Selama siswa berada di sekolah, tentu mereka menjadi tanggung jawab guru di sekolah. Sehingga menjalin kedekatan dengan siswa juga perlu dilakukan. Sehingga segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekolah termasuk misalnya apabila terjadi perundungan atau hal lain, siswa bisa langsung memberitahukan kepada guru.

2. Membangun suasana yang menyenangkan

Agar bisa menjadi guru favorit, guru bisa menciptakan suasana yang menyenangkan namun siswa tetap fokus dalam belajar. Sehingga siswa tidak merasa tegang atau bahkan takut saat menerima pelajaran.

3. Bisa berperan sebagai orangtua kedua

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.