Kompas.com - 04/10/2022, 21:19 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Katherine Shania menjadi salah satu mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) yang berhasil di wisuda periode Oktober 2022.

Katherine biasa dia disapa merupakan mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) prodi S1 Psikologi Fakultas Psikologi Unair.

Baca juga: Punya 400 Anggota Tim Bayangan, Pengamat: Nadiem Tak Percaya ASN Kemendikbud

Menjadi mahasiswa IUP menjadikan Katherine mendapatkan kesempatan untuk mengenyam perkuliahan di dua kampus sekaligus, yakni di Unair dan Queensland University of Technology (QUT) di Brisbane, Australia.

Hal itu menjadikannya memperoleh gelar ganda (double degree), yakni Sarjana Psikologi (S.Psi) dan Bachelor of Behavioural Science (BBehavSci).

Dia mengaku, perjalanan menempuh studi diakuinya tidaklah mudah.

Pasalnya, dia harus memenuhi beberapa persyaratan agar dapat melanjutkan studi di QUT, seperti transkrip akademik dan skor IELTS.

Belum lagi kendala bahasa, di mana para dosen di Australia biasa menggunakan aksen Australia yang cenderung cepat.

"Mungkin awal semester agak susah ngerti gitu ya apalagi aksennya. Dan kalau ngomongnya cepat itu more work juga ya untuk dimengerti," kata dia dalam keterangannya, Selasa (4/10/2022).

Mahasiswa yang aktif di kelas

Dia menyatakan, saat menjalani perkuliahan selama masa pandemi Covid-19 membuatnya harus aktif mencari komunitas.

Baca juga: 7 Kali Gagal Seleksi PTN, Mahasiswa ITS Ini Lulus dengan IPK 3,85

"Karena aku kuliahnya pas pandemi Covid-19, jadi semua online. Making friends were really hard. Jadi harus pinter-pinter mencari komunitas," kata mahasiswa angkatan 2017 itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.