Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Guru Sedunia 2022: Ini Tips Jadi Guru Favorit bagi Siswa

KOMPAS.com - Hari Guru Sedunia diperingati tiap tanggal 5 Oktober. Seperti diketahui bersama guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru punya peran besar dalam mencerdaskan generasi muda penerus bangsa. Berbagai upaya dari pemerintah sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru.

Guru yang memiliki kompetensi lebih diharapkan bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Jika siswa senang belajar dengan guru tentu materi yang disampaikan juga akan lebih mudah ditangkap.

Namun menjadi guru favorit bagi para siswa juga tidak gampang. Karena guru juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Tips menjadi guru favorit bagi siswa

Melansir dari laman sekolah Al Haraki, Jawa Barat, Selasa (4/10/2022), menjadi seorang guru yang menyenangkan atau favorit bagi muridnya tentu akan membuat kegiatan belajar mengajar akan lebih menyenangkan. Berikut beberapa tips-tips menjadi guru favorit:

1. Dekat dengan anak didik

Selama siswa berada di sekolah, tentu mereka menjadi tanggung jawab guru di sekolah. Sehingga menjalin kedekatan dengan siswa juga perlu dilakukan. Sehingga segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekolah termasuk misalnya apabila terjadi perundungan atau hal lain, siswa bisa langsung memberitahukan kepada guru.

2. Membangun suasana yang menyenangkan

Agar bisa menjadi guru favorit, guru bisa menciptakan suasana yang menyenangkan namun siswa tetap fokus dalam belajar. Sehingga siswa tidak merasa tegang atau bahkan takut saat menerima pelajaran.

3. Bisa berperan sebagai orangtua kedua

Agar bisa menjadi guru favorit, guru perlu berperan sebagai orangtua di lingkungan sekolah. Jika siswa melakukan kesalahan tentu harus ditegur namun tetap tidak boleh menggunakan kekerasan atau melanggar aturan yang ada.

4. Sang motivator

Guru favorit bisa menjadi motivator bagi siswanya. Apalagi siswa biasa menghadapi naik turunnya kehidupan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah, diharapkan siswa bisa tekun dan meraih prestasi serta tidak lari ke hal-hal negatif.

5. Menjadi sahabat dalam belajar

Guru favorit juga bisa menempatkan menjadi seorang sahabat dalam belajar. Dalam hal ini terbuka untuk melakukan diskusi dengan siswa atau menjelaskan ulang apabila ada yang belum dimengerti.

6. Berkepribadian layak ditiru

Tidak hanya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa, jadi guru favorit juga bisa membawa diri dan menunjukkan kepribadian yang layak ditiru siswanya. Seperti karakter yang disiplin, bertanggungjawab dan banyak karakter positif lainnya yang bisa ditiru siswanya.

7. Bisa menjadi pendengar dan penengah

Guru favorit juga perlu mendengarkan keluh kesah siswanya. Selain itu juga bisa menjadi penengah apabila terjadi selisih paham sesama siswa.

8. Tidak ketinggalan zaman

Agar menjadi guru favorit juga perlu up to date dengan perkembangan zaman. Sehingga saat berdiskusi atau ngobrol dengan siswanya tetap bisa nyambung.

9. Sabar dalam mengajar

Semua siswa memiliki karakter yang berbeda-beda dan kemampuan dalam menangkap materi pelajaran yang berbeda pula. Sehingga jika ingin jadi guru favorit perlu menjadi pribadi yang sabar terutama saat mengajar.

10. Tidak segera menyalahkan

Dalam menghadapi suatu permasalahan yang terjadi, ada baiknya guru tidak selalu menyalahkan siswa. Karena terkadang siswa juga merasa ingin didengarkan terlebih dahulu.

Demikian tips menjadi guru favorit di era saat ini. Menjadi guru yang dicintai oleh anak didiknya juga menjadi kunci sukses semua aktivitas yang dilakukan seorang guru.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/10/05/075025571/hari-guru-sedunia-2022-ini-tips-jadi-guru-favorit-bagi-siswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke