Kompas.com - 28/09/2022, 12:44 WIB
|
Editor Dian Ihsan


KOMPAS.com
- Kulit berminyak menjadi masalah wajah yang paling membuat resah baik kalangan perempuan maupun pria. Untuk mencegah kulit berminyak, bisa dimulai dengan menghindari beberapa makanan.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya (FK UM Surabaya) Neny Triastuti mengungkapkan ada 6 makanan yang bisa memicu kulit menjadi berminyak.

Makanan yang memicu kulit berminyak ini wajib dihindari. Apalagi bagi orang yang memang punya tipe kulit wajah berminyak.

Menurut Dokter Kecantikan ini, jika kulit memproduksi minyak berlebih dapat memicu munculnya jerawat. Produksi minyak menyebabkan produksi sebum berlebih, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Surabaya Versi UniRank 2022

Makanan yang picu kulit jadi berminyak

Lalu makanan apa yang wajib dihindari untuk mencegah kulit berminyak? Ini penjelasan dokter UM Surabaya.

1. Garam

Neny mengatakan, makanan yang wajib dihindari untuk cegah kulit berminyak adalah garam. Mengonsumsi garam berlebih dapat menyebabkan dehidrasi, retensi air, pembengkakan, dan kantung mata.

Garam juga dapat menyebabkan peningkatan kadar minyak saat kulit mencoba melawan dehidrasi yang disebabkan oleh garam.

"Untuk itu, batasi asupan garam dengan menghindari makanan olahan yang mengandung garam tingkat tinggi dan hindari menambahkan garam ekstra ke makanan," terang Neny seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Jangan Salah Follow, Cek Akun Medsos Resmi SNPMB BP3 Kemendikbud

2. Daging merah

Makanan kedua yang perlu dihindari untuk mencegah kulit berminyak adalah daging merah. Pasalnya daging merah mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga dapat meningkatkan peradangan pada kulit.

Menurut Neny, peradangan yang berlebihan ini dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.