Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihadiri Mendag Zulkifli Hasan, PKKMB UMJ Resmi Dibuka

Kompas.com - 12/09/2022, 21:59 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ) resmi digelar pada Senin (12/9/22), di Stadion Sepak Bola UMJ, Cireundeu, Tangerang.

Lebih dari 3.500 mahasiswa baru yang berasal dari 10 fakultas, baik dari Kampus A (Cirendeu) dan Kampus B (Cempaka Putih).

PKKMB UMJ diselenggarakan sepekan, mulai Senin (12/09/2022) hingga Jumat (16/9/2022). 

Pembukaan diawali penampilan Ahmad Hulaemi Roziem, mahasiswa Fakultas Agama Islam yang juga atlet panahan nasionaldan telah meraih 15 kali juara Pekan Olahraga Pelajar Daerah, Provinsi, dan Kejurnas Panahan.

Di hadapan seluruh mahasiswa baru, pimpinan, sivitas akademika UMJ, dan tamu undangan, Hulaemi membidik busur panah tepat di papan target panahanan sebanyak 3 kali.

Tabuhan rampak bedung mengiringi bidikan Hulaemi. Semua anak panah yang meluncur dari busur, melesat cepat dan tepat di titik tengah target poster PKKMB UMJ 2022. Riuh tepuk tangan mengiringi penampilan Hulami pada pagi hari yang cerah.

Kemeriahan dilanjutkan dengan parade seluruh organisasi mahasiswa UMJ. Setiap organisasi dan unit kegiatan menampilkan ciri khas kegiatan di hadapan mahasiswa baru dan tamu undangan dengan diiringi penampilan Rampak Bedug SMA Muhammadiyah 08 Ciputat.

Pada kesempatan tersebu, Rektor UMJ, Ma’mun Murod menjelaskan makna tema PKKMB UMJ 2022, "Journey to The Future" yang menunjukkan UMJ turut menjadi bagian perjalanan mahasiswa baru menuju kesuksesan.

Selanjutnya, Ma’mun berpesan agar mahasiswa harus menjadi istimewa. "Kami berharap, adik-adik mahasiswa dapat menjadi mahasiswa yang istimewa, bukan yang biasa-biasa saja. Artinya, IPK baik dan taat beribadah, serta aktif di kampus,“ pesan Ma'mun.

Baca juga: Di Depan 4.000 Mahasiswa, Mendag: Generasi Muda Harus Hadapi Tantangan Global

Dihadiri Mendag Zulkifli Hasan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan turut berpesan kepada mahasiswa baru agar selalu berjuang untuk meraih keberhasilan dengan ketangguhan dan kekuatan jiwa.

"Hidup itu pilihan, tergantung daya juang dan usaha masing-masing. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan dengan baik, kita harus bersungguh-sungguh untuk bisa ikut berkompetisi dalam lingkup lokal maupun internasional," ungkap Zulkifli.

Di akhir sambutannya, Zulkifli berinteraksi dengan mahasiswa baru (maba) dengan mengajak maju ke depan sebagai contoh bahwa keberanian itu diawali dengan menerima tantangan.

Rangkaian PKKMB UMJ 2022, secara resmi dibuka Ma'mun Murod dan Zulkifli Hasan dengan menekan tombol sirine bersamaan.

Pada saat sama, pemanjat tebing dari Mapala Stacia UMJ atas nama Selian dan Faran Widiansyah membentangkan banner PKKMB UMJ 2022 dari atas wall climbing ketinggian 18 meter.

Pembukaan PKKMB UMJ 2022 semakin meriah dengan disematkannya jas almamater UMJ kepada perwakilan mahasiswa baru.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com