Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara PKKMB UI 2022 Raih Rekor Muri, Ini Kata Rektor dan Wakil Rektor

Kompas.com - 26/08/2022, 09:31 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Acara puncak Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Indonesia (UI) 2022 meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Itu karena, ada kegiatan mencanting batik oleh mahasiswa baru terbanyak dan paduan suara mahasiswa baru terbanyak.

Baca juga: Berkaca Korupsi Rektor Unila, Nadiem Ingin Investigasi Kampus Lain

Kegiatan membatik dan paduan suara itu diikuti oleh 9.237 mahasiswa baru yang dilaksanakan di lapangan Rotunda Kampus UI Depok pada Kamis (25/8/2022).

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro melihat UI sebagai miniatur Indonesia, karena mahasiswa UI berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan ragam budaya masing-masing.

"Pemecahan prestasi superlatif karsa dan karya anak bangsa pagi hari ini adalah bukti otentik bahwa Universitas Indonesia, sesuai dengan visinya, adalah pusat unggulan bukan hanya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga di bidang kebudayaan," kata dia melansir laman UI, Jumat (26/8/2022).

Dia mengaku, pemecahan Rekor Muri yang melibatkan banyak pihak tersebut juga berarti bahwa UI telah beradaptasi dengan normal baru pasca pandemi Covid-19.

Lalu juga membuktikan bahwa UI adalah kampus yang rukun dan solid di internal sekaligus harum namanya di eksternal.

Baca juga: Lewat Farel Prayoga, Dosen Unair: Kelas Atas Terbius Musik Dangdut Bahasa Jawa

Pada kesempatan yang sama, pendiri Rolupat Batik Nusantara Henny menuturkan, sesuai dengan tema PKKMB UI tahun UI, yaitu "Satu Karena Beda".

Rolupat mendukung penuh upaya UI dalam menorehkan rekor Muri pada hari ini.

"Pada motif batik yang diberikan kepada maba, terdapat gambar makara, rektorat, danau, yang melambangkan ciri khas dari UI," jelas dia.

Pendiri Muri, Prof. Dr. (HC). Jaya Suprana, mengungkapkan yang dilakukan oleh UI merupakan pemecahan rekor yang paling mengesankan, membanggakan, menakjubkan, dan mengharukan.

"Ini bukan Rekor Indonesia, tapi Rekor Dunia. Saya belum pernah melihat yang seperti ini di belahan dunia manapun. 9.000 mahasiswa baru UI melakukan paduan suara sekaligus mencanting. UI hari ini membuat sejarah dan rekor baru, yaitu membatik dan paduan suarai yang diikuti mahasiswa baru terbanyak di dunia," tutur dia.

Pelaksanaan PKKMB UI 2022 diharapkan membuat mahasiswa memiliki pemahaman yang baik terhadap kampusnya.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Abdul Haris, kegiatan mencanting batik dan paduan suara lagu-lagu nasional tersebut dipilih agar mahasiswa baru punya kesadaran dan kebanggaan terhadap kekayaan budaya bangsa.

Baca juga: Komisi X DPR Minta Pemerintah Hapus Jalur Mandiri PTN

"Agar mahasiswa baru UI punya kompetensi dan intelektualitas global, sekaligus menjadi manusia Indonesia yang paripurna," tukas Prof. Haris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com