Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

Kompas.com - 25/08/2022, 09:43 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati oleh calon mahasiswa setiap tahunnya.

Dalam Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) misalnya, sejak tahun 2019 hingga 2021, Ilmu Komunikasi, bersama Psikologi dan Manajemen menjadi jurusan kuliah dengan tingkat keketatan masuk tertinggi di rumpun Soshum (IPS).

Keketatan masuk sendiri dihitung dari jumlah pendaftar dibandingkan dengan jumlah kursi yang tersedia. Dengan kata lain, begitu banyaknya peminat di tengah kuota yang tetap, membuat tingkat persaingan masuk sebuah prodi semakin ketat.

Meski begitu, bukan tanpa alasan mengapa prodi Ilmu Komunikasi menjadi incaran. Prospek kerja yang luas hingga berkembangnya komunikasi digital, menjadi beberapa alasan mengapa pelajar berminat untuk masuk jurusan ini.

Baca juga: 5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

Bila kamu menjadi salah satu pelajar yang kini tengah mempertimbangkan untuk masuk ke jurusan komunikasi, mencari tahu universitas yang tepat hingga mengetahui kisaran biaya kuliah di tahun ajaran 2022/2023 bisa menjadi langkah awal.

Untuk mengetahui kampus mana yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi yang masuk dalam pemeringkatan dunia, Lembaga pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) telah merilis peringkat perguruan tinggi dunia yang diukur berdasarkan bidang keilmuan atau THE WUR by Subject 2022.

Pemeringkatan bidang ilmu tersebut didasarkan atas penilaian dari lima indikator, antara lain sitasi (citations), pendapatan industri (industry income), pandangan internasional (international outlook), riset (research) serta pengajaran (teaching).

Pemeringkatan di bidang ilmu sosial sendiri menggunakan indikator kinerja tepercaya dan ketat yang sama dengan Times Higher Education World University Rankings 2022, tetapi metodologinya telah dikalibrasi ulang agar sesuai dengan masing-masing bidang.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Kampus Swasta Terbaik Indonesia 2022

Pemeringkatan ini menyoroti universitas yang memimpin di seluruh disiplin ilmu komunikasi dan studi media, politik dan studi internasional (termasuk studi pembangunan), sosiologi dan geografi. Tahun ada sebanyak 870 universitas dunia yang masuk dalam pemeringkatan, naik dari tahun lalu yang berjumlah 791.

Berikut 7 kampus dengan disiplin Ilmu Komunikasi dan Studi Media terbaik Indonesia versi THE WUR by Subject 2022 dan biaya kuliahnya. Sebagai catatan, biaya kuliah bisa berbeda sesuai tahun ajaran:

Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.Shutterstock/Harismoyo Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

1. Universitas Indonesia (UI)

Dalam disiplin Ilmu Komunikasi dan Studi Media, UI berada di peringkat 401-500 dunia dengan total skor indikator sebanyak 28.2–32.1.

Dalam program Sarjana Ilmu Komunikasi UI, mahasiswa akan diarahkan pada peminatan-peminatan yang mencakup secara khusus bidang Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan.

Selain program sarjana reguler, Departemen Ilmu Komunikasi UI juga menyelenggarakan pendidikan untuk program sarjana nonreguler (paralel) dan kelas khusus internasional.

Lulusan Ilmu Komunikasi umumnya bekerja di media massa, biro-biro iklan, perusahaan swasta (di bidang humas atau publikasi), atau di instansi-instansi pemerintahan.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Di UI, program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, di mana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com