Kompas.com - 02/08/2022, 09:44 WIB

KOMPAS.com - Jurusan atau program studi (prodi) Kedokteran merupakan salah satu jurusan favorit calon mahasiswa setiap tahunnya.

Teknologi di era 4.0 belum mampu menggantikan peran seorang dokter untuk melayani pasien. Itulah mengapa, profesi ini tetap menjadi pilihan. Tak heran bila jurusan Kedokteran menjadi jurusan IPA paling favorit setiap tahun.

Bila kamu berkeinginan untuk masuk jurusan kedokteran di kampus swasta, mengetahui biaya kuliah dapat membuat persiapanmu lebih matang.

Sebanyak 14 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan QS Asia University Rankings 2022.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

PTS Indonesia yang masuk 10 besar ialah Binus University, Telkom University, Universitas Atma Jaya Jakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Parahyangan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Pelita Harapan, Universitas Tarumanagara.

Diikuti Universitas Surabaya, Universitas Ahmad Dahlan, Institut Teknologi Nasional dan Universitas Maranatha.

Berikut Kompas.com rangkumkan biaya kuliah kedokteran di 5 kampus swasta yang bersumber dari laman resmi masing-masing kampus:

1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Jalur reguler program S1 Tahun Akademik 2022-2023 (besaran tergantung kelompok A, B atau C yang ditentukan oleh kampus):

  • Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) dibayarkan sekali: Rp 330-457 juta
  • Biaya Kuliah Pokok (BKP) dibayar tiap semester : Rp 11,7 juta
  • Biaya total SKS: Rp 30 juta
  • Biaya per Semester (BPS): Rp 42,5 juta
  • Pengenalan Kampus: Rp 1,25 juta

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

Biaya ini bisa berbeda sesuai dengan jalur masuk yang dipilih mahasiswa, tahun masuk, kelompok mahasiswa, hingga kebijakan lain yang ditetapkan kampus untuk masing-masing mahasiswa.

Informasi resmi dapat dilihat melalui https://www.atmajaya.ac.id 

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.