Kompas.com - 02/08/2022, 05:19 WIB

KOMPAS.com - Sebagai orangtua tentu senang memiliki anak aktif dan bisa tumbuh sesuai usianya.

Namun orangtua perlu tahu perbedaan anak aktif dan hiperaktif. Perilaku anak yang sangat aktif dan mengarah ke anak hiperaktif ini yang perlu diwaspadai.

Sebab perilaku itu dapat merugikan diri anak sendiri. Kondisi hiperaktif pada anak dapat menyebabkan anak sulit untuk berkonsentrasi.

Sehingga berisiko tinggi mengalami kegagalan dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

Baca juga: BTPN Syariah Buka Program Management Trainee bagi S1 Fresh Graduate

Perbedaan anak aktif dan hiperaktif

Anak yang hiperaktif juga akan memberi dampak negatif lainnya pada tumbuh kembangnya. Anak hiperaktif berisiko gagal dalam mempertahankan pertemanan, bersosialisasi. Dampak ini jelas bahwa hiperaktif dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Lantas bagaimana perbedaan anak aktif dan hiperaktif? Dokter spesialis anak Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Ristantio memberikan penjelasannya.

Ristantio mengatakan, orangtua perlu mengetahui bahwa anak yang tidak bisa diam belum tentu hiperaktif.

Pasalnya perilaku anak yang tidak bisa diam, belum tentu menandakan penyimpangan atau kondisi hiperaktif tetapi justru malah menunjukkan kenormalan atau perilaku aktif pada anak.

"Perilaku anak-anak memang seharusnya begitu yakni berlari kesana kemari. Malah ketika si anak hanya diam-diam saja, orang tua sepatutnya harus waspada," terang dr. Ristantio seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Cek Hasil Seleksi Ujian Mandiri Kemitraan Undip, Ini Biaya Kuliahnya

Anak-anak yang diam saja perlu diwaspadai

Dia menjelaskan, anak-anak memang harus aktif dengan berlari kesana kemari. Apabila anak diam saja, orangtua justru waspada. Jangan-jangan anaknya kurang hormon tiroid atau mungkin anemia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.