Kompas.com - 01/08/2022, 19:41 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Majelis Wali Amanat (MWA) IPB menggelar sidang paripurna dengan agenda tunggal launching pemilihan rektor periode 2023-2028 pada Jumat (29/7/2022).

Ketua MWA IPB, Prof. Tridoyo Kusumastanto mengatakan, leadership adalah sebuah keniscayaan bagi sebuah organisasi modern yang terus tumbuh, berkembang dengan berbagai perubahan, tak terkecuali bagi IPB.

Baca juga: Kisah Haru Ibu Wakili Wisuda S1 di Unesa karena Anaknya Telah Tiada

Peraturan pemilihan rektor, kata dia, disusun oleh usulan senat akademik dan kemudian disahkan melalui sidang paripurna.

"Proses pemilihan rektor akan dimulai tanggal 1 Agustus 2022, melalui tahapan sosialisasi dan akan berakhir 30 November mendatang dengan Sidang Paripurna MWA Pemilihan Rektor IPB. Rektor terpilih lalu dilantik dan akan bekerja memimpin IPB untuk kemajuan dan keberlanjutan keunggulan institusi," katanya melansir laman IPB, Senin (1/8/2022).

Dia menjelaskan, MWA IPBtelah mengeluarkan Peraturan MWA Nomor 15/MWA-IPB/P/2022 tentang tata kelola (governance) IPB University.

Menurut dia, peraturan bertujuan menyempurnakan apa yang sudah dirintis para pendahulu.

Prof. Tridoyo menambahkan, dalam pasal 9 masa jabatan kepemimpinan organ, salah satunya rektor, adalah lima tahun. Dan dapat dipilih kembali satu kali masa jabatan.

Dia mengungkapkan, rektor periode yang baru paling lambat telah terpilih satu bulan sebelum masa jabatan rektor periode sebelumnya berakhir.

Dengan begitu, pelantikan rektor terpilih dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Januari.

Dalam hal ini, MWA menetapkan proses penyelenggaraan pemilihan rektor, meliputi penetapan peraturan pemilihan rektor, pembentukan Panitia Pemilihan Rektor (PPR), penetapan jadwal dan tahapan proses tersebut.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Taruh HP Samping Kepala Saat Tidur Picu Tumor Otak

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.