Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mahasiswa UGM Asal Jayapura, Kuliah dengan Fasilitas Gratis

Kompas.com - 01/08/2022, 12:38 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Banyak cerita dalam upacara Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada (UGM), Senin (1/8/2022).

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia, banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah ingin kuliah di UGM.

Termasuk mahasiswa baru UGM angkatan 2022 Yohanis Brando Yoppo yang berasal dari Jayapura. Dia diterima sebagai mahasiswa baru Departemen Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Baca juga: Kapan Debitur Dinyatakan Pailit? Ini Penjelasan Guru Besar Unpad

Masuk UGM lewat jalur afirmasi

Bisa menempuh pendidikan di UGM bak mimpi bagi Yohanis. Dia masih tak percaya bisa berdiri di antara 9.833 mahasiswa baru UGM lainnya saat berlangsung upacara PPSMB di lapangan GSP, Senin (1/8/2022).

"Sangat-sangat bersyukur sekali bisa diterima di UGM. Sudah sejak lama pengin kuliah di UGM," urai Yohanis, dikutip dari laman UGM.

Bahkan, menempuh kuliah di UGM sudah dia impikan sejak duduk di SD. Yohanis mengaku bisa kuliah di UGM melalui seleksi program afirmasi.

Program afirmasi bagi calon mahasiswa baru UGM ini sudah banyak terdengar. Namun, hanya 9 pelajar Jayapura yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi program tersebut.

Baca juga: Intip 20 SMK Terbaik di Indonesia, Ada Sekolah Pilihanmu?

Setelah dilakukan proses seleksi dan wawancara, akhirnya hanya 4 pelajar dari Jayapura yang dinyatakan lolos.

Ingin membahagiakan mama

Berhasil lolos dan diterima di UGM membuktikan bahwa Yohanis mampu meski berasal dari daerah terjauh.

"Mudah-mudahan ini sedikit membahagiakan ibu yang sampai sekarang terus membiayai saya dan adik-adik sekolah," ungkap Yohanis.

Yohanis mengaku sejak tahun 2018, mamanya, Kostansa Yari Setouw, menjadi orangtua tunggal karena sang ayah, Yoppo, meninggal dunia karena kecelakaan.

Berprofesi sebagai perawat di RS Abepura, mamanya tetap bersemangat mendampinginya dan adik-adiknya menempuh pendidikan.

Sementara itu, tiga kakak kandung lainnya berada di luar Jayapura. Dua kakaknya sudah bekerja dan satu masih menempuh kuliah di IPB.

Kondisi keluarga yang serba terbatas memacu kesungguhan belajar Yohanis Brando. Meski tidak selalu menjadi yang terbaik, ia berhasil melampaui setiap jenjang pendidikan dengan lancar dengan nilai cukup baik.

Baca juga: Lowongan Kerja TML Energy Minimal Lulusan SMK

Ia menempuh pendidikan dasar di SD Negeri Inpres Yotefa Jayapura, SMP Negeri 2 Jayapura, dan SMA Negeri 4 Jayapura.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com