Kompas.com - 01/08/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Dalam menjalankan sebuah bisnis, perlu dikelola dengan profesional agar menjauhkan usahanya dari kondisi bangkrut atau bahkan pailit.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata pailit memiliki arti keadaan atau kondisi seseorang atau badan hukum yang tidak mampu lagi membayar kewajibannya (dalam hal utang-utangnya) kepada si piutang.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Isis Ikhwansyah mengatakan, kepailitan debitur tidak hanya ditetapkan untuk perusahaan, tetapi bisa juga perorangan.

Baca juga: 7 Hal Ini Jelaskan Pentingnya Anak Ikut Sekolah PAUD

Dampak pailit pada perusahaan/perorangan

Menurutnya, debitur perorangan dapat dikatakan pailit apabila gagal karena tidak mampu atau tidak mau membayar utang melebihi jatuh tempo yang ditetapkan.

"Pada prinsipnya misalkan saya mampu tetapi tidak mau membayar (utang), itu bisa dipailitkan," kata Prof. Isis seperti dikutip dari laman Unpad, Senin (1/8/2022).

Dia menerangkan, kepailitan adalah suatu keadaan debitur gagal membayar utang dengan alasan tidak mampu atau tidak mau membayar dan berakibat kebendaan debitur dalam penyitaan secara massal atau umum atas semua harga benda yang dimilikinya.

Masalah kepailitan yang diajukan kepada Pengadilan Niaga tidak hanya ditujukan kepada perusahaan saja.

Baca juga: Lowongan Kerja TML Energy Minimal Lulusan SMK

 

Dalam praktiknya kepailitan dapat ditujukan kepada perorangan atau debitur perorangan. Bahkan terdapat beberapa permohonan kepailitan dapat ditujukan kepada debitur perorangan yang terikat perkawinan.

Apalagi saat ini iklim usaha di Indonesia bagi kebanyakan orang masih dirasakan tidak menentu yang berakibat dalam dipailitkan.

Dia mengungkapkan, kepailitan tersebut akan berdampak pada penyitaan secara umum. Dalam hal ini, kepailtan tersebut meliputi harta kekayaan debitur pada saat putusan pailit diucapkan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.