Kompas.com - 14/03/2022, 10:22 WIB

KOMPAS.com - Biaya kuliah merupakan salah satu komponen yang perlu dipersiapkan calon mahasiswa saat mendaftarkan diri di seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Di Perguruan Tinggi Negeri, sistem biaya kuliahnya disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan dibayarkan per semester.

Universitas Indonesia (UI) menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran di mana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per-sks.

Biaya pendidikan S1 Reguler UI dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya. Skema pembayaran tersebut dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

Sementara itu, untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.

Baca juga: Sea Buka Beasiswa Penuh 2022 di UI, UGM, ITB, IPB, Binus, IT Del

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia mengatakan bahwa di tahun 2022, biaya UKT UI sama dengan tahun sebelumnya.

"Tarif BP tahun ini memang tidak ada kenaikan baik Tarif S1 Reguler (UKT) maupun Tarif Non S1 Reguler," paparnya kepada Kompas.com.

Berikut biaya UKT Program Sarjana (S1) Universitas Indonesia untuk Jalur S1 Reguler dan S1 Pararel merangkum laman resmi ui.ac.id. Calon mahasiswa disarankan untuk melihat laman resmi UI untuk mengetahui informasi biaya kuliah secara lengkap dan akurat:

1. Akuntansi

Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, di mana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp100.000-5.000.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.