Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2022, 09:56 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Taiwan menawarkan Huayu Enrichment Scholarship (HES) 2022, program beasiswa non-gelar bagi Warga Negara Indonesia yang berminat mengikuti kursus Bahasa Mandarin di Taiwan.

Tujuan program Huayu Enrichment Scholarship (HES) adalah untuk mendorong warga negara asing (bagi penduduk daratan Cina, Hongkong, dan Makau tidak termasuk) untuk mengambil kursus bahasa Mandarin di Taiwan.

Melansir laman Kemendikbud Ristek, skema beasiswa non-gelar ini menyediakan tunjangan bulanan dengan durasi 6 (enam) bulan. Periode penerimaan beasiswa antara 1 September 2022 sampai depan 31 Agustus 2023.

Baca juga: 4 Kampus Terbaik Singapura Buka Beasiswa S1, Kuliah Gratis-Biaya Hidup

Cakupan

Durasi Beasiswa: 6 bulan

Dana tunjangan beasiswa yang diberikan: tunjangan bulanan sebesar NTD 25,000 (setara USD 900) atau sekitar Rp 12,8 Juta.

Persyaratan

Pemohon harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Berumur 18 tahun atau lebih, lulusan SMA atau di atasnya, memiliki prestasi akademik dan moral yang baik.

2. Jika pemohon tergolong dalam salah satu kualifikasi di bawah ini, maka pemohon tidak memenuhi kriteria untuk mendaftar program HES:

  • Merupakan warga negara Taiwan atau pemilik status Overseas Chinese Student.
  • Saat ini pemohon merupakan pelajar di salah satu Language Center di Taiwan dan/atau pernah menjadi pelajar di salah satu perguruan tinggi di Taiwan (mengambil degree program).
  • Pernah menerima Beasiswa HES maupun Beasiswa MoE Taiwan.
  • Sewaktu belajar di Taiwan, peserta merupakan mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar atau double degree yang merupakan program kerja sama antar universitas.
  • Penerima subsidi/beasiswa lainnya yang diberikan oleh lembaga Pemerintah Taiwan atau institusi pendidikan lainnya di Taiwan.

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1 Militer 2022, Kuliah Gratis

Persyaratan dokumen

  1. Formulir pendaftaran Beasiswa HES.
  2. Fotokopi Paspor dan Kartu Keluarga.
  3. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan Terakhir. (Ijazah dan transkrip harus dalam bahasa Inggris atau Mandarin. Jika dokumen tidak dalam bahasa Inggris atau Mandarin, maka harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Mandarin, dan harus dilegalisir sampai tahap TETO. Apabila Anda merupakan lulusan dari luar negeri, maka ijazah dan transkrip perlu dilegalisir di kantor TETO di negara tersebut.
  4. Fotokopi Bukti Formulir Pendaftaran Language Center, yang membuktikan bahwa Anda telah mendaftar ke Language Center di Taiwan (daftar Language Center bisa dilihat di Lampiran 3).
  5. Dua surat rekomendasi yang sudah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop. (contoh pemberi rekomendasi: oleh Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau Supervisor).
  6. Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi dan dengan tanda tangan digital tidak berlaku.

Baca juga: Kuliah S1 Gratis di Turki, Ini Cerita Salma Dapatkan Beasiswa Turkiye Burslari

Pengumuman beasiswa

TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa secara individu kepada masing-masing penerima beasiswa via email sebelum tanggal 10 Juni 2022. TETO tidak akan menghubungi satu per satu peserta yang tidak lolos program HES.

Dokumen pendaftaran dan dokumen lainnya dapat dikirimkan ke:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+