Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jalur Masuk Universitas Indonesia 2024 Selain SNBT dan SNBP

Kompas.com - 08/04/2024, 10:29 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) memiliki jumlah pendaftar yang cukup banyak setiap tahunnya. Maka dari itu, UI membuka beberapa jalur masuk untuk para calon mahasiswa.

Sebanyak 27.754 siswa mendaftar di UI pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. Namun, hanya 2.105 yang diterima oleh UI.

Namun, bagi calon mahasiswa yang gagal dalam seleksi nasional, masih ada jalur lain yang bisa diikuti untuk bisa jadi mahasiswa UI.

Baca juga: 4 Tips Sukses Masuk UI Jalur UTBK SNBT, Pendaftar Wajib Cek

1. Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)

Salah satu jalur mandiri UI ini merupakan jalur seleksi yang mempertimbangkan nilai rapor serta indeks sekolah dalam seleksinya. Seleksi ini menyediakan dua jenjang yaitu Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 dan D4).

Pada jalur PPKB ini, terdapat dua jenis yaitu PPKB Reguler dan Non reguler. Mahasiswa yang masuk di kedua jalur ini akan mendapatkan pendidikan yang setara. Perbedaan antara PPKB Reguler dan Non reguler adalah terkait biaya pendidikan.

Untuk mahasiswa dengan jalur masuk PPKB Reguler, akan menggunakan sistem UKT dalam pembayaran biaya pendidikan. Untuk non reguler, besar biaya pendidikannya mengikuti SK Rektor terkait biaya pendidikan (meliputi UKT per semester dan IPI di semester 1).

Sedangkan bagi jenjang Vokasi, besar biaya pendidikannya juga mengikuti SK Rektor terkait biaya pendidikan (meliputi UKT per semester dan IPI di semester 1)

Baca juga: Beasiswa S1 di 4 Kampus Terbaik Singapura 2024, Kuliah Gratis-Tunjangan

Periode pendaftaran : 25 April - 14 Juni 2024

2. Seleksi Jalur Prestasi (SJP)

Salah satu jalur seleksi dalam penerimaan mahasiswa baru UI TA 2024/2025 adalah Seleksi Jalur Prestasi (SJP). Termasuk jalur masuk mandiri UI, SJP menerima calon mahasiswa berdasarkan prestasi nonakademik yang pernah diraih.

Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi/pemenang lomba minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di bidang IPTEKS, olahraga, dan seni di tingkat nasional dan internasional yang diperoleh saat di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/maksimal 3 tahun terakhir.

Bukti prestasi yang dapat dilampirkan antara lain

  • Kompetisi Tingkat Internasional Olimpiade Sains
  • Kompetisi dan kejuaraan tingkat internasional dan nasional yang diselenggarakan oleh kementerian lain dan instansi lembaga setingkat kementerian
  • Kompetisi tingkat Nasional Olimpiade Sains
  • Kompetisi dan kejuaraan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia

Periode pendaftaran : 25 April - 14 Juni 2024

Baca juga: Biaya Kuliah UI Jalur SNBP 2024 Semua Jurusan D4 dan S1

3. Talent Scouting UI

Talent Scouting merupakan jalur seleksi mandiri berdasarkan nilai rapor dan prestasi untuk program S1 Kelas Internasional. Selain nilai rapor dan prestasi, proses seleksi jalur Talent Scouting didukung dengan sertifikat TOEFL atau IELTS yang masih berlaku.

Jenis TOEFL yang diakui Universitas Indonesia adalah yang disertifikasi ETS (PBT/ITP skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5.

Periode pendaftaran : 28 Februari - 22 Maret 2024

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com