Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Sukses Masuk UI Jalur UTBK SNBT, Pendaftar Wajib Cek

Kompas.com - 05/04/2024, 14:44 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masuk Universitas Indonesia (UI) mungkin menjadi impian bagi sebagian siswa tingkat akhir yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN).

Jika ingin masuk UI ada bamyak jalur yang bisa dicoba oleh calon mahasiswa mulai dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasakan Tes (UTBK SNBT).

Baca juga: UM Buka 3 Prodi Baru Fakultas Kedokteran di SNBT 2024, Ini Kuotanya

Kemudian, ada Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Seleksi Jalur Prestasi UI hingga SIMAK UI.

Saat ini, tahapan seleksi masuk UI baru sampai pada proses pendaftaran UTBK SNBT yang pendaftarannya akan ditutup pada 5 April 2024.

Bagi kamu yang berminat ikut dan ingin lolos seleksi UTBK SNBT, bisa ikuti tips yang diberikan oleh Salma Noorfitria Ningrum mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI Angkatan 2022 yang berhasil masuk UI lewat jalur UTBK SNBT. Setidaknya ada 4 tips yang dilakukan.

1. Kurangi penggunaan media sosial

Salma mengatakan, selain mencari tahu jadwal dan apa saja yang harus diperhatikan saat UTBK SNBT, calon mahasiswa juga harus mempersiapkan mental.

Menurut Salma, salah satu cara menjaga mentalnya adalah dengan mengurangi penggunaan media sosial.

"Saya juga mempersiapkan mental dengan mengurangi penggunaan media sosial dan mencari dukungan dari orang terdekat," kata Salma dikutip dari laman resmi UI, Jumat (5/4/2024).

2. Hitung waktu saat belajar

Salma melanjutkan, ketika belajar ia selalu berusaha menghitung waktu yang dimiliki untuk mengatur strategi pengerjaan soal agar bisa semuanya terselesaikan.

Baca juga: Apa Itu Jalur PPKB UI 2024? Cek Syarat, Cara Daftar dan Jadwalnya

Usahakan selalu prioritaskan subtes yang paling susah dengan memberikan waktu belajar lebih banyak tanpa menyepelekan subtes yang lain.

3. Buat to do list

Sebaiknya, lanjut Salma, buat juga to do list secara detail setiap hari terkait daftar materi yang perlu di-review, berapa tipe soal yang perlu dilatih, serta rincian waktu yang didedikasikan.

4. Evaluasi progress

Salma juga mengingatkan agar calon mahasiswa memastikan juga untuk melacak dan mengevaluasi progres supaya selalu konsisten.

Baca juga: Daftar UTBK SNBT 2024 Bisa Pilih Berapa Prodi? Cek Jawabannya

"Namun, penting sekali untuk tidak membanding-bandingkan progress kita dengan orang lain. Yakinlah dengan diri kita sendiri dan berikan hasil yang semaksimal mungkin," tutup Salma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com