Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Siswa Indonesia Raih 4 Medali Olimpiade Astronomi Internasional

Kompas.com - 25/08/2022, 06:00 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

KOMPAS.com - Tim siswa Indonesia berhasil meraih 4 medali di Olimpiade Astronomi Internasional.

The 15th International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2022 yang berlangsung secara hybrid (daring dan luring) pada 14-21 Agustus 2022 membuahkan hasil.

Tim Astronomi Indonesia berhasil meraih 3 medali perak dan 1 medali perunggu.

Perolehan medali perak diraih oleh para pelajar dari berbagai daerah. Yakni Gilbert Adriel Tantoso (SMAS Kristen Petra 2 Jawa Timur), Dzaky Radiansyah (SMA Semesta Jawa Tengah), dan Anthony Camilo Lim (SMAS Xaverius 1 Jambi) meraih medali Perak. Sementara medali perunggu diraih oleh Donni Putera Sow (SMAN 3 Lingga Kepulauan Riau).

Baca juga: Gagal Masuk PON, Mahasiswa Unesa Ini Raih Medali Emas ASEAN Para Games

IOAA merupakan ajang tahunan untuk siswa sekolah menengah atas dari seluruh dunia di bidang Astronomi untuk membudayakan Astronomi dan membina persahabatan antar astronom muda di tingkat internasional.

Pelaksanaan IOAA tahun ini diselenggarakan secara hybrid dengan total 246 siswa dari 48 negara berpartisipasi.

Terdapat 6 negara yang berpartisipasi secara daring yaitu Paraguay, Ekuador, Uni Emirat Arab, China, Filipina, dan Indonesia.

Untuk penyelenggaraan secara daring sistem penyelenggaraannya sendiri sama seperti tahun lalu dimana Team Leaders yang terpisah dari peserta.

Sistem pengawasan diterapkan sangat ketat dengan proctoring, menghadirkan dua pengawas lokal dan satu pengawas dari negara lain.

Indonesia bersama dengan China, Filipina, dan Uni Emirat Arab berkoordinasi melakukan pengawasan secara daring dengan pengawas Indonesia mengawasi siswa dari negara Filipina dan Indonesia sendiri diawasi oleh pengawas dari China.

Baca juga: Apakah Ciri-ciri Orang Sukses Ini Ada di Dirimu? Mahasiswa Cek

Para pengawas memandu peserta dan mengawasi pelaksanaan sejak awal hingga mengunggah lembar jawaban selama mengikuti ronde demi ronde pertandingan.

Selama enam hari, peserta telah melalui 4 ronde utama yang diperlombakan dalam ajang ini.

Yakni Ronde Teori dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2022 dimana peserta bergelut dengan 13 soal-soal terdiri atas soal essay pendek-medium dan soal essay panjang selama 5 jam. Ajang kompetisi dilanjutkan dengan Ronde Observasi Malam pada 17 Agustus 2022 yang bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI.

Kemudian, di tanggal 18 Agustus 2022, peserta mengerjakan Ronde Analisa Data dilaksanakan selama 3 jam. Pada ronde ini, sejumlah 2 soal panjang harus diselesaikan dalam 3 jam.

Terakhir pada tanggal 19 November 2021, peserta mengakhiri kompetisi dengan mengikuti Ronde Observasi Siang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com