Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan 25 Tahun, LaSalle College Jakarta Hadirkan Fashion Show "Sphere"

Kompas.com - 24/08/2022, 17:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memperingati 25 tahun kehadiran di Indonesia, LaSalle College Jakarta menggelar fashion show bertajuk "Sphere: An Orb of Immense Creativities" di Senayan City Hall, Jakarta pada 19 Agustus 2022.

Gelaran fashion show dilaksanakan bersamaan dengan acara seremoni acara kelulusan siswa LaSalle College Jakarta Angkatan 2022.

Program Director Fashion Design LaSalle Shinta Djiwatampu menyampaikan fashion show yang digelar menjadi sebuah pembuktian bahwa siswa LaSalle tetap mampu menghasilkan kreativitas yang berkualitas meski di masa pandemi.

“Sudah hampir tiga tahun kita mengalami pandemi dan semua orang terpaksa hidup dalam confinement, isolasi, segala macam. Itu terjadi pada LaSalle; murid kita belajar dari rumah," ungkap Shinta.

"Namun, walaupun dalam keadaan itu, mereka tetap berkarya. Ini adalah hasil akumulasi masa confinement. Kita ingin menunjukkan bahwa walaupun kita dalam pandemi, kreativitas tetap berjalan,” tegasnya.

LaSalle College Jakarta menggelar fashion show bertajuk Sphere: An Orb of Immense Creativities di Senayan City Hall, Jakarta pada 19 Agustus 2022.
DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR LaSalle College Jakarta menggelar fashion show bertajuk Sphere: An Orb of Immense Creativities di Senayan City Hall, Jakarta pada 19 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, pemilihan tema ini dilatarbelakangi kondisi di mana beberapa tahun ini penduduk bumi dipaksa untuk hidup dengan penuh pembatasan akibat pandemi. Namun, untuk beberapa orang, tidak menyurutkan mereka untuk berhenti berkreasi.

"Bola ini melambangkan hasil dari berbagai kreatifitas penuh ragam dari siswa LaSalle College Jakarta selama masa pembatasan tersebut, dalam bidang: Fesyen Desain, Fesyen Bisnis, Desain Interior, Tata Rias Artistik, Digital Media-Game Art Desain dan Fotografi," pungkasnya.

Peragaan busana "Sphere Creative Show 2022" ini terdiri dari beberapa sub tema yakni: Joie de Vivre, Pride of Watublapi, Bequest, dan Final Capsule.

Baca juga: Sempat Jadi Mahasiswa UM, Kini Sukses Berbisnis UMKM bidang Fashion

Keseluruhan koleksi mengangkat keindahan kain tradisional yang dikombinasikan dengan kesan modern baik untuk tampilan yang kontemporer maupun siap pakai.

Sebanyak 203 kreasi 45 desainer dari siswa dan siswi, serta 34 lulusan LaSalle College Jakarta yang memakan waktu persiapan kurang lebih satu tahun.

Beradaptasi dengan perubahan 

Konferensi pers Fashion Show LaSalle Collage bersama dengan Hariyadi Sukamdani (Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Desain LaSalle), Bonatua Napitu (Campus Director), dan Poppy Dharsono (Presiden Komisaris PT Indotex LaSalle College International) pada 19 Agustus 2022.
DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR Konferensi pers Fashion Show LaSalle Collage bersama dengan Hariyadi Sukamdani (Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Desain LaSalle), Bonatua Napitu (Campus Director), dan Poppy Dharsono (Presiden Komisaris PT Indotex LaSalle College International) pada 19 Agustus 2022.

Dalam kesempatan konferensi pers, Campus Director LaSalle, Bonatua Napitu menyampaikan, lulusannya selain mempunyai kemampuan yang diakui komunitas desainer internasional, juga mempunyai kesempatan berkarir global setelah menamatkan masa belajarnya di LaSalle.

"Mereka dididik dan dibimbing oleh para pengajar/dosen terlatih yang juga adalah pelaku industri dibidangnya dan berkolaborasi dengan 23 kampus LaSalle lainnya yang tersebar di 13 negara dan 5 benua," jelas Bonatua Napitu.

Ke depan, Poppy Dharsono, Presiden Komisaris PT Indotex LaSalle College International mengungkapkan, LaSalle terus beradaptasi dengan perkembangan zaman di antara penambahan program studi baru Cinematography.

"Program baru ini menawarkan kurikulum yang menjawab kebutuhan pekerja kreatif yang mempunyai kompetensi profesi yang berlaku di industri film," jelas Poppy Dharsono.

Baca juga: Kembali Ke Kampus, Prodi Desain Produk Mode FSRD IKJ Gelar Fashion Show Reunite

Dalam kesempatan sama, Hariyadi Sukamdani, Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Desain LaSalle menegaskan, pihaknya akan terus memperbaharui komitmen untuk menjadi institusi pendidikan kelas dunia dan tetap berkontribusi di dunia industri kreatif.

Beberapa strategi yang ditempuh untuk mewujudkan hal tersebut di antaranya melalui metode pembelajaran secara hibrid sehingga membuka kesempatan untuk belajar lebih flesibel di luar kampus atau waktu regular, serta pembaruan dan pengembangan kurikulum berkala secara teratur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com