Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sorgum Sorice Inovasi IPB, Bisa Atasi Masalah Gizi Ganda di Indonesia

Kompas.com - 30/07/2022, 16:06 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Tim peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan varietas sorgum Sorice untuk pangan yang dapat membantu mengatasi masalah gizi ganda (MGG) di Indonesia.

Indonesia saat ini menghadapi masalah gizi ganda (MGG). Yakni sebagian masyarakat mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) yang menyebabkan gangguan pertumbuhan seperti stunting.

Namun sebagian masyarakat lainnya juga mengalami kelebihan gizi (over nutrition) yang menyebabkan obesitas dan berbagai penyakit degeneratif lainnya.

Tim peneliti IPB ini terdiri dari Dr Desta Wirnas, Dr Trikoesoemaningtyas, Prof. Didy Sopandie, Dr Siti Marwiyah dan Erin Puspita Rini. Kelima peneliti ini berasal dari Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB.

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Korea di Korsel, Dapat Tunjangan Hidup

Keunggulan varietas sorgum inovasi tim IPB

Tim ini mengembangkan sorgum Sorice yang merupakan singkatan dari Sorghum Rice atau beras sorgum. Yaitu nama yang diberikan bagi varietas sorgum yang dikembangkan tim peneliti IPB.

IPB Sorice adalah varietas sorgum pangan dengan produktivitas tinggi. Varietas sorgum IPB Sorice Merah adalah sorgum berbiji merah hasil seleksi dari populasi hasil persilangan galur sorgum introduksi (PI-150-20-A) dan varietas nasional Kawali.

Sementara itu, varietas IPB Sorice putih mempunyai biji berwarna putih dan merupakan hasil seleksi dari populasi hasil persilangan galur introduksi PI-150-20-A dengan varietas nasional Numbu.

Varietas IPB Sorice mempunyai keunggulan sebagai varietas yang mempunyai potensi hasil tinggi. IPB Sorice merah mempunyai potensi hasil 7,25 ton per hektare. Sedangkan varietas IPB Sorice putih mempunyai potensi hasil 7,07 ton per hektare lebih tinggi dari varietas nasional Numbu dan Kawali.

Baca juga: Dokter RNSD Undip: Ini Cara Wujudkan Anak Tangguh Pasca-pandemi Covid-19

Sorgum inovasi tim IPB atasi masalah  gizi ganda

Rektor IPB Prof. Arif Satria mengatakan, inovasi Sorice yang diciptakan tim peneliti IPB diharapkan bisa mengatasi masalah gizi ganda (MGG) di Indonesia.

Ia menambahkan, sorgum merupakan tanaman biji-bijian (serealia) yang menghasilkan biji dengan kandungan karbohidrat yang setara padi.

Tetapi dengan berbagai keunggulan yang dapat menjadikannya karbohidrat sehat. Biji sorgum mengandung protein, vitamin B dan zat besi yang lebih tinggi dari beras.

"Dengan kelebihan ini harapannya, sorgum dapat membantu mengatasi masalah kekurangan zat gizi pada sebagian masyarakat Indonesia," terang Prof. Arif Satria seperti dikutip dari laman IPB, Sabtu (30/7/2022).

Anggota tim peneliti Desta Wirnas mengungkapkan, sorgum merupakan tanaman biji-bijian (serealia) yang menghasilkan biji dengan kandungan karbohidrat yang setara padi.

Tetapi dengan berbagai keunggulan yang dapat menjadikannya karbohidrat sehat. Biji sorgum mengandung protein, vitamin B dan zat besi yang lebih tinggi dari beras. Dengan kelebihan ini, sorgum dapat membantu mengatasi masalah kekurangan zat gizi pada sebagian masyarakat Indonesia.

Manfaat sorgum Sorice bagi tubuh

Beras dan tepung sorgum, juga sangat sesuai untuk pangan masyarakat perkotaan yang mengalami over nutrisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com