Kompas.com - 30/07/2022, 14:57 WIB
|

KOMPAS.com - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berinovasi membuat beton geopolimer yang ramah lingkungan.

Kenapa ramah lingkungan? Tentu karena selama ini pembuatan beton konvensional dari semen jenis portland, jadi salah satu penyumbang emisi gas karbon dioksida.

Maka dari itu, masyarakat perlu beralih ke material beton ramah lingkungan. Seperti beton geopolimer dari limbah fly ash hasil rancangan mahasiswa Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS ini.

Baca juga: Radar Jarak Jauh Pengembangan Doktor ITS Harganya Bisa Lebih Murah

Mahasiswa yang berinovasi itu ialah Maulana Saputra, Boy Triono Halolo, dan Kornelius Sofinner Ndruru. Tiga mahasiswa ini memanfaatkan limbah fly ash kelas C dari PLTU Paiton Probolinggo.

"Limbah tersebut menjadi bahan semen tambahan pada beton geopolimer kami," ujar Firman dikutip dari laman ITS, Jumat (29/7/2022).

Didukung fasilitas ITS

Adapun proses pembuatan beton geopolimer dimulai dengan merancang desain campuran yang terdiri dari semen, pasir, kerikil, serta natrium hidroksida dan natrium sulfit sebagai reaktor.

Selanjutnya, dalam proses pengadukan, Firman dan tim memanfaatkan mesin molen dan mereaksikan fly ash dengan mesin grinding.

Tentu, timnya sangat terbantu atas kelengkapan fasilitas di ITS. Salah satu manfaat kelengkapan fasilitas ini memudahkan ketiganya menyampur bahan-bahan beton saat masih dalam bentuk bubuk.

Baca juga: Webinar ITS: Ini 3 Tantangan Kerja di Pertambangan

"Berkatnya kami dapat menjaga kadar air beton lebih teratur dan mampu menghasilkan beton yang lebih kuat," jelasnya.

Berharap gantikan beton konvensional

Ia menjelaskan, kekuatan beton merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan kualitas beton.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.