Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabang-cabang Biologi, Siswa SMA Sudah Paham?

Kompas.com - 28/07/2022, 09:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentu sangat menyenangkan. Apalagi siswa SMA/sederajat yang sedang belajar cabang-cabang biologi.

Tapi, apakah siswa SMA sudah paham apa itu biologi? Melansir laman Repositori Kemendikbud Ristek, biologi diambil dari bahasa Yunani.

Biologi terdiri dari dua kata yaitu bios dan logos. Bios diartikan sebagai hidup. Sedangkan, logos diartikan sebagai ilmu.

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk hidup, yaitu tumbuhan, hewan, manusia dan mikroorganisme.

Baca juga: 41 Cabang Ilmu Biologi, Siswa Sudah Paham?

Salah satu objek permasalahan dalam bidang biologi yaitu, tingkat organisasi kehidupan. Berdasarkan hal tersebut, semua mahluk hidup memiliki tingkatan kehidupan.

Penemuan tentang biologi menyebabkan semakin banyaknya objek yang harus dipelajari dari Biologi, sehingga seorang ilmuwan tidak sanggup lagi mempelajari secara mendalam seluruh objek kajian biologi.

Maka dari itu, cabang-cabang biologi dikembangkan untuk mempermudah mempelajari masing-masing kajian objek biologi. Cabang-cabang biologi akan dibagi berdasarkan objek kajiannya, yakni:

Cabang-cabang biologi

1. Agronomi: Ilmu tentang budidaya tanaman.

2. Akarplogi: Ilmu tentang hewan caplak.

3. Algologi: Ilmu tentang Alga.

4. Anatomi: Ilmu tentang struktur tubuh bagian dalam dari mahluk hidup.

5. Andrologi: Ilmu tentang macam hormon.

6. Bakteriologi: Ilmu tentang bakteri.

7. Bioteknologi: Ilmu tentang penggunaan penerapan proses biologi secara terpadu meliputi proses biokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahan pangan dan kesejahteraan manusia.

8. Botani: Ilmu tentang tumbuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com