Kompas.com - 30/07/2021, 08:35 WIB
Seorang peneliti yang bekerja di laboratorium Klinis Mikrobiologi, Virologi dan Diagnostik Darurat dari rumah sakit Luigi Sacco di Milan, Italia, 30 Januari 2020 untuk meneliti virus corona.  EPA-EFE/MATTEO BAZZI MATTEO BAZZISeorang peneliti yang bekerja di laboratorium Klinis Mikrobiologi, Virologi dan Diagnostik Darurat dari rumah sakit Luigi Sacco di Milan, Italia, 30 Januari 2020 untuk meneliti virus corona. EPA-EFE/MATTEO BAZZI
|

KOMPAS.com - Bagi siswa yang sedang belajar Biologi, tentu harus paham apa itu Biologi. Tentu, Biologi adalah bidang yang menarik untuk dipelajari.

Biologi memberikan kita kesempatan untuk memperoleh pengetahuan tentang diri kita dan makhluk hidup lainnya yang berguna bagi kehidupan kita sehari-hari.

Ruang lingkup dalam Biologi sangatlah luas dan kompleks, meliputi seluruh makhluk hidup, baik yang uniseluler maupun yang multiseluler, baik yang hidup di darat, di laut, di udara, maupun di dalam tanah.

Baca juga: Pandemi Berkepanjangan, Ini 3 Potensi Dampak Negatif bagi Siswa

Singkatnya segala sesuatu yang memiliki “hidup” menjadi ruang lingkup biologi. Ruang lingkup biologi terdiri atas objek biologi, tingkat organisasi kehidupan, dan permasalahan biologi.

Melansir e-Modul Kemendikbud Ristek, berikut ini dijelaskan 41 cabang ilmu Biologi yang harus dipahami oleh siswa:

1. Genetika: ilmu yang mempelajari tentang susunan gen, pengaruh gen dalam makhluk hidup, dan hukum pewarisan sifat serta rekayasa genetika.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Taksonomi: ilmu yang mempelajari tentang pengelompokkan makhluk hidup.

3. Zoologi: ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk serta perilaku binatang.

4. Ornitologi: ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk serta perilaku aves/burung.

5. Limnologi: ilmu yang mempelajari kehidupan di perairan darat atau perairan tawar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.