Kompas.com - 30/07/2021, 06:07 WIB
Model pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring dikembangkan dan berangsur-angsur menjadi pembiasaan. Guru perlu menakar peluang pembelajaran daring yang efektif di era new normal. DOK. TANOTO FOUNDATIONModel pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring dikembangkan dan berangsur-angsur menjadi pembiasaan. Guru perlu menakar peluang pembelajaran daring yang efektif di era new normal.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung selama setahun lebih. Salah satu yang terdampak ialah sektor pendidikan.

Jika terlalu lama mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ), ada tiga potensi dampak sosial negatif berkepanjangan yang mengancam peserta didik akibat efek pandemi Covid.

Ketiga dampak tersebut ialah putus sekolah, penurunan capaian belajar, serta kekerasan pada anak dan risiko eksternal.

Baca juga: Siswa, Ini Lho Takaran Normal Air Minum Setiap Hari

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Kamis (29/7/2021), ini 3 potensi dampak negatifnya:

1. Putus sekolah

Sektor ekonomi adalah salah satu sektor yang cukup mengalami dampak signifikan. Akibatnya, banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak jarang orang tua yang lebih memilih anaknya berhenti bersekolah dan memilih mempekerjakan anak untuk membantu perekonomian keluarga akibat krisis ekonomi yang terjadi.

Selain itu, banyak orang tua yang tidak bisa melihat peranan sekolah dalam proses belajar mengajar apabila proses pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka.

2. Penurunan capaian belajar

Selanjutnya ialah keadaan sosial-ekonomi tiap keluarga berbeda-beda. Perbedaan akses dan kualitas selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat mengakibatkan kesenjangan capaian belajar, terutama untuk anak dari sosio-ekonomi yang berbeda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.