Kompas.com - 29/07/2021, 19:57 WIB
Universitas Brawijaya ShutterstockUniversitas Brawijaya
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Posisi Universitas Brawijaya (UB) naik ke posisi 4 di akhir Juli 2021, dari peringkat 5 sebagai perguruan tinggi terbaik Indonesia versi Webometrics.

Webometrics merupakan lembaga pemeringkatan di Spanyol yang didirikan atas inisiatif Cybermetrics Lab, sebuah lembaga penelitian yang dimiliki Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC).

Baca juga: ITS Posisi 3 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Cybermetrics Lab merupakan bagian dari CSIC, dikhususkan untuk menganalisis kuantitatif internet dan konten web, khususnya yang terkait dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dan pengetahuan ilmiah.

UB naik berdasarkan tiga indikator yaitu web content impact (visibility), openness (transparency), dan excellence (scholar).

Ketua Pusat Pemeringkatan UB, Adharul Mutaqin menjelaskan, indikator web content impact diukur berdasarkan jumlah backlink dari situs lain ke suatu halaman web suatu perguruan tinggi, indikator ini memiliki bobot 50 persen.

Indikator kedua, yakni opennes dengan bobot 10 persen diukur dari jumlah sitasi dari 210 penulis suatu perguruan tinggi yang memiliki sitasi tertingi di Google Scholar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan indikator yang terakhirexcellence, diukur berdasarkan jumlah karya ilmiah suatu perguruan tinggi yang berada pada 10 persen sitasi tertinggi untuk 27 topik atau disiplin ilmu pada Scimago.

Pada openess rank jumlah sitasi pada top 10 author untuk edisi Juli ini ada peningkatan jumlah sitasi kepada 200 penulis terbaik UB paling banyak sitasinya.

"Selain itu untuk, impact rank ada di urutan ke 9 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang artinya sudah banyak instansi di luar UB yang melakukan link ke website utama UB," kata dia melansir laman UB, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: 3 PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Rank 2021

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar posisi UB tidak terlempar jauh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.