Kompas.com - 29/07/2021, 17:08 WIB
Niken Sasanti menunjukkan buku karya siswa dan gurunya yang terpajang di pameran literasi di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. DOK.Niken SasantiNiken Sasanti menunjukkan buku karya siswa dan gurunya yang terpajang di pameran literasi di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.
|

KOMPAS.com - Bagi warga SMPN 1 Yogyakarta, sosok yang satu ini pasti sudah tak asing lagi. Karena selain sebagai kepala sekolah, Dra. Y. Niken Sasanti, M.Pd., juga pegiat literasi.

Bahkan beberapa tahun yang lalu, lebih tepatnya pada 2018, Niken dinobatkan sebagai Kepala SMP Berprestasi Tingkat Nasional.

Ternyata, kunci keberhasilannya cukup simpel. Yakni bekerja dengan tulus, total, dan penuh suka cita dalam mendidik anak-anak bangsa.

Baca juga: Simulasi PTM SMPN 1 Yogya, 5 Nilai Karakter Ditekankan pada Siswa

Kepada Kompas.com, Kamis (29/7/2021), Niken mengatakan bahwa semua itu tak lepas dari kecintaannya di dunia literasi.

"Saya sejak kecil suka membaca dan menulis. Ini semua tak lepas dari figur ayah dan ibu saya yang juga seorang guru," tuturnya.

Terbiasa dunia literasi sejak kecil

Menurut dia, sejak kecil dia sudah terbiasa dengan dunia literasi di dalam keluarganya. Ayahnya sering mendongeng untuk dia dan adik-adiknya menjelang tidur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari dongeng Kancil sampai dengan Roro Jonggrang, semua diceritakan oleh ayahnya. "Terkadang ayah juga mengarang dongeng sendiri karena kami sering minta ayah mendongeng lagi dan mendongeng lagi," ujarnya.

Dari dongeng ayahnya itu, imajinasi dia menjadi hidup. Niken yang lahir di Kudus Jawa Tengah tersebut sering bermain peran dengan adik-adiknya berdasarkan dongeng ayah.

Tak hanya itu saja, dunia Niken semasa kecil menjadi lebih lengkap dengan banyaknya buku dan majalah yang sering dia baca.

Ini karena ayahnya mempunyai perpustakaan kecil dan sebagian berisi buku-buku cerita. Ada pula koran, majalah anak-anak, dan majalah popular.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.