Kompas.com - 28/07/2021, 15:10 WIB
Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tangkap layar laman ITSGedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Upaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam membuktikan salah satu visinya untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia (World Class University) di Indonesia semakin serius.

Kali ini ditunjukkan dengan keberhasilan ITS mencapai posisi tiga besar perguruan tinggi terbaik Indonesia versi Webometrics Ranking Web of Universities periode Juli 2021.

Baca juga: UI Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics Rank 2021

Sekretaris Institut ITS, Umi Laili Yuhana menjelaskan, Webometrics ini merupakan salah satu standar pemeringkatan perguruan tinggi yang kredibel.

Webometrics melakukan penilaiannya setiap enam bulan sekali.

"Jadi dalam setahun ada dua kali rilis pemeringkatan perguruan tinggi. Pada Januari 2021 lalu, ITS masih berada di peringkat empat besar," ujar dia melansir laman ITS, Rabu (28/7/2021).

Berdasarkan pemeringkatan tahun ini, keunggulan dan kualifikasi ITS di dunia internasional ditunjukkan dengan perolehan peringkat 1.103.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ITS juga berhasil mendapatkan peringkat ke-21 se-Asia Tenggara.

"Penilaian ini memperhitungkan isi website kampus, visibilitas, dan publikasi web yang berkaitan dengan sitasi sesuai dengan jumlah pranala luar," kata dosen yang akrab disapa Yuhana ini.

Yuhana mengungkapkan, hasil pemeringkatan perguruan tinggi dari Webometrics di periode ini dihasilkan dari tigas aspek penilaian.

Yaitu, impact, openness, dan excellence.

Baca juga: Unand Lakukan Lockdown Sampai 30 Juli 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.