Kompas.com - 11/07/2022, 11:29 WIB
|

KOMPAS.com - Pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2022, Universitas Negeri Semarang (Unnes) banyak peminatnya. Yakni dapat dilihat dari jalur seleksi penerimaannya.

Menurut Rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman, MHum., pendaftar SNMPTN 2022 mencapai 42.325 orang. Pendaftar SBMPTN 2022 mencapai 41.641 peserta, dan pendaftar SM Reguler Unnes sebanyak 42.244 orang.

"Ini merupakan bukti nyata kepercayaan masyarakat terhadap Unnes yang terus meningkat," ujar Rektor Unnes seperti dikutip dari laman Unnes, Senin (11/7/2022).

Baca juga: Intip Biaya Kuliah Unnes Jalur Mandiri, UKT Mulai dari Rp 500 Ribu

Pada saat memimpin Rapat pimpinan di gedung Rektorat Unnes tersebut, Rektor memastikan bahwa besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Unnes tidak akan naik.

"Terkait dengan besar UKT di Unnes saya pastikan tidak ada kenaikan. Sejak tahun 2017 sampai sekarang kategori UKT di Unnes tetap," terang Prof. Fathur.

Dikatakan, penentuan besaran UKT bagi mahasiswa sudah tertulis di Peraturan Rektor Unnes nomor 34 tahun 2017 tentang penetapan ulang uang kuliah tunggal mahasiswa Unnes.

Peraturan ini dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 39 Tahun 2017 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

"Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri dapat melakukan penetapan pemberlakuan uang kuliah tunggal mahasiswa bahwa dalam penentuan Uang Kuliah Tunggal perlu adanya penetapan ulang bagi mereka yang terdapat perubahan situasi dan kondisi penangung biaya kuliah," tambah Prof. Fathur.

Baca juga: Perkuat Toleransi Umat Beragama, Unnes Gelar Konser Kebangsaan

Ia menyatakan, sudah bertahun-tahun UKT di Unnes tidak pernah naik, justru ada penetapan ulang bagi orang tua mahasiswa yang sedang mengalami perubahan situasi dan kondisi ekonomi.

"Unnes justru memberikan keringanan biaya UKT yang bisa dibayarkan secara bertahap," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.