Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 08:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biaya kuliah yang harus dikeluarkan mahasiswa baru yang diterima di jalur SNMPTN, SBMPTN maupun jalur Mandiri tentu mengalami perbedaan.

Pastinya mahasiswa yang lolos SNMPTN, biaya yang dikeluarkan relatif lebih muda. Pasalnya siswa yang lolos SNMPTN mendapat subsidi dari pemerintah sehingga tidak perlu membayar biaya pendaftaran.

Namun jika kamu diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) besar kemungkinan biaya pendidikannya relatif terjangkau. Meski hal ini juga tergantung program studi (prodi) pilihannya.

Salah satu PTN favorit di Indonesia, Universitas Negeri Semarang (Unnes) termasuk perguruan tinggi yang memiliki biaya kuliah terjangkau.

Baca juga: 3 Rekomendasi Beasiswa ke Inggris, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Terkait biaya kuliah, Unnes menerapkan sistem biaya UKT sama seperti PTN lainnya. UKT ini harus dibayarkan oleh mahasiswa di setiap semester. Besaran UKT tiap mahasiswa tergantung berdasarkan penghasilan orang tuanya masing-masing.

Melansir dari laman resmi Unnes, Sabtu (2/7/2022), semakin rendah penghasilan orangtua mahasiswa, maka nominal UKT semakin kecil dan sebaliknya.

Besaran UKT yang berlaku di Unnes mulai dari terendah yakni Rp 500.000 hingga Rp 8.250.000. Selain biaya UKT yang sangat terjangkau, Unnes juga menyediakan beberapa beasiswa yang ditawarkan.

Baca juga: Guru Besar IPB Ungkap Keunggulan Kedelai Lokal dan Manfaatnya

Seperti BBP-PPA, PPA, KIPK, Bidik Misi, Afirmasi, Bank Indonesia, VDMS, Supersemar, Yayasan Salim, Bank BTN, Atlet, Unggulan Supersemar, Djarum, I’M HERE, PHKI-B, Rumah Amal Unnes, Konjen RI Jedah Arab Saudi, KJMU dan masih banyak lainnya.

Melansir dari laman penerimaan Unnes, untuk jalur Mandiri Unnes ada dua pembayaran yang wajib dipenuhi mahasiswa, yakni Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI). 

UKT mencakup seluruh biaya kegiatan akademik selama mahasiswa menempuh studi, yaitu Subsidi Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan wisuda.

Baca juga: Perusahaan Kontruksi Lepas Pantai Ini Buka Lowongan Kerja S1/S2

Besaran UKT jalur Mandiri Unnes

Sebagai gambaran, berikut adalah besaran UKT yang berlaku di Universitas Negeri Semarang.

Kategori UKT terendah

1. Rp 500.000

2. Rp 1.000.000

3. Rp 2.500.000

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com