Kompas.com - 07/07/2022, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2022 sukses digelar secara luring oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) setelah sebelumnya digelar secara luring selama pandemi Covid-19.

Kontes yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada 29 Juni hingga 3 Juli 2022 ini menghadirkan tim yang telah lulus tahap 1 dan 2 tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah masing-masing.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kapuspresnas), Asep Sukmayadi mengatakan, kontes robot ini dinantikan kehadirannya oleh seluruh peserta.

“Kita melihat bahwa pertemuan secara langsung, bagaimanapun itu lebih bermakna. Karena kita berkewajiban untuk memfasilitasi mahasiswa untuk bertatap langsung tidak bisa selamanya secara on screen. Bahkan, saat tim menyentuh semua komponen robot yang mereka kembangkan menjadi cerminan semangat mereka dalam menuangkan ide (berkarya),” tutur Asep dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Lulusan S1, Kemendikbud Perpanjang Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru

Kegiatan KRI tahun 2022 dilaksanakan sebanyak enam divisi. Divisi yang dilombakan adalah Divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Divisi Kontes SAR Indonesia (KRSRI), Divisi Kontes Robot Tematik (KRTMI), Divisi Kontes Seni Tari Indonesia (KRSTI), Divisi Kontes Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Divisi Kontes Robot Sepak Bola Humanoid (KRSBI-Humanoid).

Adapun pemenang untuk divisi KRAI adalah tim RIDER dari ITS sebagai juara pertama, tim Garudago dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai juara kedua, tim EIRA dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai juara ketiga, dan tim ABUROBONEMA dari Politeknik Negeri Malang sebagai juara harapan.

Di samping itu, ada tim EIRA yang menjadi juara untuk desain terbaik dan tim RIDER sebagai strategi terbaik.

Sementara untuk divisi KRSRI, juara pertama diraih oleh tim EILERO dari PENS, juara kedua diraih oleh tim DOME dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), juara ketiga diraih oleh tim ABINARA-1 dari ITS, dan juara harapan diraih oleh tim Gareng Punk dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Baca juga: Ingin Magang di BUMN? Ini Link Pendaftaran Magang Bersertifikat 2022

Sedangkan pemenang desain terbaik diraih oleh tim DEWAYANI dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan strategi terbaik diraih oleh tim EILERO.

Kemudian, untuk divisi KRTMI, juara pertama diraih oleh tim RIVAL dari ITS, juara kedua diraih oleh tim RR EL GANADOR dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), juara ketiga diraih oleh tim Genesis dari ITB, dan juara harapan diraih oleh tim ROBOTAN 1.0 dari Universitas Jember (UNEJ).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.