Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Jurusan Teknik Perminyakan? Ini yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 28/06/2022, 15:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Berbicara harga minyak, baru-baru ini harga minyak dunia terus naik. Bahkan harganya sudah di atas US$ 100 per barel. Tentu hal ini juga berpengaruh pada harga minyak nasional.

Terkait minyak, saat ini minyak bumi masih dijadikan sebagai salah satu jenis bahan bakar minyak (BBM) yang banyak dikonsumsi masyarakat, khususnya untuk kendaraan bermotor.

Berbicara minyak tentu tak ada habisnya. Lantas, bagaimana dengan Jurusan Teknik Perminyakan? Tentu, Sarjana ini juga masih dibutuhkan untuk industri perminyakan.

Baca juga: 4 Tips Pilih Jurusan Kuliah dari Psikolog UNS

Apakah kamu tertarik untuk kuliah di Jurusan Teknik Perminyakan? Jika iya, maka harus paham apa saja yang dipelajari dan bagaimana prospek kerjanya nanti?

Melansir laman resmi Institut Teknologi Bandung (ITB), Selasa (28/6/2022), kuliah di TM, kamu tidak akan hanya belajar mengenai minyak saja, tapi juga akan belajar mengenai gas bumi, dan panas bumi.

Ketiga sumber daya alam ini biasanya dikenal dengan sebutan Hidrokarbon, mengingat bahwa komponen penyusunnya didominasi oleh unsur hidrogen dan karbon.

Untuk ketiga bidang di atas, secara garis besar akan dipelajari berbagai aspek mulai dari reservoir, pengeboran, produksi, fasilitas permukaan sampai pada manajemen & keekonomian pengelolaan suatu lapangan minyak.

Nantinya, belajar di TM sangat menyenangkan dan menantang. Karena kegiatan eksplorasi (mencari) & eksploitasi (mengambil) hidrokarbon sendiri meliputi berbagai bidang ilmu.

Maka mahasiswa diwajibkan mengambil kuliah dari program studi Teknik Geologi (GL), Teknik Geofisika (TG), Teknik Elektro (EL), Matematika (MA), Fisika (FI), Kimia (KI) dan Teknik Informatika (IF).

Baca juga: Yuk Intip Jurusan Kuliah 5 Orang Terkaya di Indonesia

Bahkan, karena nantinya kita bekerja di tengah masyarakat (biasanya sumber hidrokarbon berada di daerah terpencil) ada baiknya teman-teman juga mengambil kuliah dari jurusan Sosioteknologi (Sostek).

Seperti Psikologi Sosial, Teknik Semiotika, Komunikasi, Antropologi, yang dapat dijadikan bekal awal untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Prospek kerja Teknik Perminyakan

Bagi lulusan Taknik Perminyakan bisa bekerja di berbagai perusahaan, atau di bidang lain.

1. Perusahaan Minyak Nasional / Asing

Sebagian besar alumni TM berkiprah di jalur ini, seperti kerja di:

  • Pertamina
  • Medco
  • CNOOC SES
  • Exxon
  • Chevron
  • Total E&P
  • BP

2. Bidang Pemerintahan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com