Kompas.com - 27/06/2022, 09:25 WIB
|

KOMPAS.com - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 telah diumumkan hasilnya. Bagi yang belum lolos masih bisa ikut jalur seleksi mandiri PTN.

Selain itu juga masih banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang masih membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2022. Jadi, semua tergantung dari calon mahasiswanya.

Tak kalah penting, calon mahasiswa juga harus benar-benar menentukan jurusan kuliah apa yang cocok untuk dirinya. Saat ini masih ada kesempatan untuk kembali menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Simak 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah

Melansir laman resmi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Psikolog Pendidikan Fakultas Psikologi UNS, Afia Fitriani, S.Psi., M.Psi., memberikan tipsnya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan prodi, misalnya saja mengenali minat, bakat, dan potensi bidang kerja.

Tips memilih jurusan kuliah yang sesuai

1. Kenali minat diri

Siswa dapat mulai mengenali minat mereka terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menelaah hobi yang dimiliki ataupun aktivitas lain yang digemari.

"Hobi tersebut dapat siswa jadikan opsi tentang hal yang ingin mereka dalami lebih jauh. Tuliskan hobi-hobi tersebut berdasarkan prioritas," ujarnya dikutip dari laman UNS.

2. Gali bakat yang dimiliki

Minat siswa perlu didukung dengan adanya bakat. Afia menjelaskan, salah satu caranya dengan melihat rekam jejak nilai akademik selama bersekolah.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.