Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2022, 09:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 telah diumumkan hasilnya. Bagi yang belum lolos masih bisa ikut jalur seleksi mandiri PTN.

Selain itu juga masih banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang masih membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2022. Jadi, semua tergantung dari calon mahasiswanya.

Tak kalah penting, calon mahasiswa juga harus benar-benar menentukan jurusan kuliah apa yang cocok untuk dirinya. Saat ini masih ada kesempatan untuk kembali menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Simak 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah

Melansir laman resmi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Psikolog Pendidikan Fakultas Psikologi UNS, Afia Fitriani, S.Psi., M.Psi., memberikan tipsnya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan prodi, misalnya saja mengenali minat, bakat, dan potensi bidang kerja.

Tips memilih jurusan kuliah yang sesuai

1. Kenali minat diri

Siswa dapat mulai mengenali minat mereka terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menelaah hobi yang dimiliki ataupun aktivitas lain yang digemari.

"Hobi tersebut dapat siswa jadikan opsi tentang hal yang ingin mereka dalami lebih jauh. Tuliskan hobi-hobi tersebut berdasarkan prioritas," ujarnya dikutip dari laman UNS.

2. Gali bakat yang dimiliki

Minat siswa perlu didukung dengan adanya bakat. Afia menjelaskan, salah satu caranya dengan melihat rekam jejak nilai akademik selama bersekolah.

Tugas-tugas dari setiap aktivitas yang berhasil dikerjakan dengan baik juga bisa mengindikasikan keberadaan bakat. Selain itu, mengetahui bidang-bidang ilmu yang dipahami siswa juga dapat mempermudah mereka. Tuliskan juga bakat yang sudah dikenali berdasarkan prioritas.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Hal yang Harus Dihindari

3. Cari info prodi dan bidang kerja

Cari informasi prodi dan bidang kerja berdasarkan pemetaan minat dan bakat telah ditelusuri sebelumnya. Siswa dapat menilai prodi dan bidang kerja mana yang mungkin dapat ditekuni nantinya. Tuliskan kembali informasi tersebut berdasarkan prioritas.

Setelah pemetaan selesai dilakukan, siswa bisa mempelajari pilihan prodi tersebut melalui situs web perguruan tinggi pilihan masing-masing.

Siswa dapat mencari informasi terkait profil prodi dan lulusannya. Afia mengimbau siswa agar melakukan riset seperti ini untuk menguatkan penentuan prodi pilihannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com